Relaksasi Tubuh & Pikiran dengan Yoga

Siapa yang tidak ingin memiliki wajah awet muda dan cantik sepanjang masa? Hal ini bisa dicapai dengan jalan yang mudah dan murah di rumah yakni dengan yoga. Selain membuat tubuh bugar, yoga juga memiliki manfaat anti-aging atau menghambat proses penuaan.

Yoga banyak mempraktekkan gerakan dengan posisi kepala lebih rendah dari pinggang. Posisi tubuh ini membuat darah mengalir ke kepala, meningkatkan sirkulasi darah terutama di wajah dan kepala. Menurut dermatologis Dr. Jeannette Graf, M.D., sirkulasi darah yang baik memungkinkan aliran oksigen dan nutrisi lebih mudah terkirim ke jaringan kulit. Praktekkan berbagai jenis gerakan yoga ini setiap hari dan lihat hasilnya seperti yang dirangkum oleh situs Total Beauty.

 

1. Plow

Berbaringlah di lantai lalu angkat kaki ke atas membentuk sudut 90 derajat. Kedua tangan di samping badan dan telapak tangan menempel pada lantai. Tekan kedua telapak tangan ke lantai dan dorong perut hingga sebagian perut dan punggung terangkat, dan kaki hampir menyentuh wajah. Jika telapak kaki tidak bisa menyentuh lantai, taruh tangan di belakang punggung untuk menopang badan Anda. Tahan posisi ini selama 45 detik dan turunkan secara perlahan. Gerakan ini baik untuk meningkatkan sirkulasi darah terutama di wajah dan kepala sehingga rona wajah lebih segar.

 

2. Shoulder Stand

Gerakan ini kerap diajarkan dalam bagian senam kesejaran jasmani di sekolah dasar dan populer dengan sebutan sikap lilin. Berbaring lalu angkat kaki ke atas membentuk 90 derajat. Tempatkan kedua tangan ke punggung bagian bawah, lebarkan ruas kelima jari untuk menopangnya. Usahakan posisikan tubuh Anda setegak mungkin, dan tahan selama satu hingga tiga menit. Turunkan kaki secara perlahan, dan kembalikan tubuh ke posisi berbaring seperti semula. Bermanfaat untuk mengalirkan darah ke tubuh bagian atas dengan cepat dan mengalirkan oksigen ke area wajah dan kepala sehingga terlihat awet muda.

 

Baca juga: Yoga Bersama Keluarga

 

3. Downward Facing Dog

Gerakan ini bermanfaat untuk memperbaiki struktur tulang belakang yang kaku dan syaraf-syaraf yang menghambat aliran oksigen ke kulit. Gerakan dimulai dengan tubuh membentuk segitiga. Lebarkan lengan hingga sejajar dengan bahu, dengan telapak tangan menempel pada lantai. Tubuh dalam posisi setengah telungkup hingga membentuk seperti huruf V. Kaki juga dilebarkan sejajar dengan bahu. Dalam posisi ini, coba untuk mencapai permukaan lantai dengan tumit Anda dengan bokong menghadap ke langit-langit. Rilekskan leher Anda.

 

4. Forward Bend

Berdiri dengan melebarkan kaki sejajar dengan pinggul. Kemudian bungkukkan badan hingga tangan menyentuh jari kaki. Rilekskan leher lalu silangkan tangan Anda sambil berusaha mencium lutut. Bisa juga tangan seperti memeluk kaki dari belakang. Tahan posisi ini selama 45 detik hingga 1 menit. Dengan mengalirnya darah mengalir ke kepala, bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah sehingga nutrisi lebih mudah terkirim ke jaringan kulit.

 

5. Fish

Bermanfaat untuk relaksasi pikiran dan membuat tekanan otot pada wajah berkurang. Aliran oksigen dan nutrisi pun lebih mudah terkirim ke jaringan kulit.

Rebahkan tubuh di lantai lalu tempatkan kedua tangan (telapak tangan mengarah ke bawah) di bawah bokong. Tekan pergelangan tangan ke lantai untuk membantu Anda mengangkat dada, sehingga punggung membentuk lengkungan. Dongakkan leher ke belakang, dan tenangkan otot-otot leher.

Share artikel ini:

Artikel Terkait