©shutterstock

Resep Bunga Kol Segar, Sajian Pendukung Menu Diet Sehat

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, tentu akan mendapatkan saran untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran. Selain tinggi serat yang dapat mengontrol rasa lapar, sayuran juga mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin, dan mineral. Salah satu yang baik dimasukkan dalam pola makan sehari-hari adalah bunga kol.

Walau kalah tenar dengan brokoli, bunga kol punya manfaat kesehatan yang besar bagi tubuh. Menurut situs Livestrong, satu kepala ukuran sedang bunga kol hanya memiliki 150 kalori, 12 gram serat, dan vitamin C yang memenuhi 67% dari kebutuhan yang direkomendasikan per hari. Simak cara-cara berikut untuk memasukkan bunga kol ke dalam menu diet Anda ya.

Bunga Kol Siram Saus Keju

Resep ini cukup mudah untuk disajikan pada makan siang atau malam. Cukup kukus atau panggang bunga kol dengan microwave, lalu siram dengan saus keju klasik. Untuk keju, bisa digunakan jenis cheddar, Gruyere, atau mozzarella, serta potong kadar lemak dengan menggunakan susu rendah lemak. Tambahkan juga sejumput bubuk kari untuk memberikan sedikit rasa pedas. Sajian lezat dan mudah ini akan memberikan 136 kalori dan 6 gram lemak per porsi.

Buffalo Wings Vegetarian

Gabrielle Ettlinger, koki khusus menu vegetarian, menyarankan salah satu cara yang tidak lazim untuk memakan kembang kol, yaitu membuatnya dalam bentuk buffalo wings. Potong-potong kecil bunga kol, kemudian lumuri dengan campuran tepung almon, air, dan garam hingga rata. Panggang selama 15 menit hingga matang, lalu masukkan dalam campuran saus pedas dan mentega leleh. Panggang kembali hingga renyah. Sajian yang hanya memberikan 71 kalori per porsi ini asyik juga lho dijadikan kudapan saat menonton film.

Pizza Crust

Biasanya orang-orang yang sedang diet rendah karbohidrat wajib menghindari roti. Percaya atau tidak, kembang kol bisa menggantikan roti pizza lho. Beth Konopka Bergmann, salah satu pendiri Bergmann Fitness di New York memberikan resep dengan mencampurkan kembang kol, keju, telur, bumbu, dan rempah-rempah, kemudian dihaluskan jadi satu. Setelah itu tipiskan campuran di atas loyang dan panggang. Anda bisa menambahkan topping jamur, paprika, daging asap, ayam, atau keju di atasnya, lalu panggang sekali lagi. Per porsi sajian pizza crust ini hanya mengandung 194 kalori dan 13,57 gram lemak.

Supaya tidak bosan, contek cara-cara di atas untuk memasukkan bunga kol sebagai sajian rendah kalori dalam menu diet Anda. Selamat mencoba!

Share artikel ini:

Artikel Terkait