Minum Rosella Sebagai Pengganti Kafein

Rosella, Alternatif Minuman Sehat Pengganti Kafein

Pagi Anda tidak akan sempurna tanpa menyeruput secangkir kopi atau teh hangat? Hati-hati lho, kandungan kafein di dalamnya yang dikonsumsi berlebihan kurang baik bagi kesehatan tubuh. Ganti saja dengan teh Rosella yang akhir-akhir ini banyak mencuri perhatian karena manfaatnya.

Simak penjelasan lebih lanjut tentang manfaat minuman pengganti teh berikut ini ya.

Tinggi Antioksidan

Menurut penelitian yang dimuat Journal of Agriculture and Food Chemistry pada tahun 2003, teh Rosella merah mengandung protocatechuic acid (PCA), antocyanin, dan Vitamin C yang cukup tinggi. Antioksidan inilah yang ditunjukkan dalam beberapa penelitian dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol LDL yang buruk bagi tubuh, serta menghambat penyumbatan pembuluh darah, sehingga mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner.

Kaya Kandungan Vitamin C

Menurut Dr James Duck, ahli biologi dan farmakologis, 100 gram bunga rosella segar mengandung sekitar 260-280 mg vitamin C, jauh lebih tinggi daripada yang ditemukan dalam buah jeruk, belimbing, dan jambu biji. Rutin meminum teh Rosella atau yang disebut juga dengan teh merah dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kecantikan kulit.

Tinggi Asam Amino

Menurut Siti Fatimah, M.Kes,  dosen di Sekolah Tinggi Nutrisi di Palembang, teh Rosella juga kaya akan asam amino. Minuman yang terbuat dari bunga rosella ini mengandung 18 dari 22 asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, termasuk 2 asam amino esensial yaitu arginin dan lisin. Manfaatnya bagi tubuh cukup beragam, mulai dari merangsang pertumbuhan saraf dan hormon, mendorong kesuburan, serta memelihara kulit agar tetap awet muda. Selain itu, teh ini juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang menyerang hati dan diare.

Ideal untuk Diet

Rutin meminum Rosella juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Ada tiga unsur utama yang dimiliki minuman herbal ini yaitu kafein sebagai stimulan, L-theanine untuk menetralisir efek berbahaya dari kafein dan menekan nafsu makan, serta EGCG untuk mempercepat pembakaran lemak. Konsumsi setiap pagi untuk menggantikan kopi atau teh favorit Anda dan dapatkan tubuh langsing, jauh dari risiko obesitas.

Jangan ragu lagi ya untuk memulai hari dengan mengonsumsi segelas teh Rosella hangat. Anda juga bisa lho meminumnya dalam keadaan dingin untuk menyegarkan badan di tengah cuaca yang panas.

Share artikel ini:

Artikel Terkait