©shutterstock

Kecap dan Jeruk Nipis Untuk Meredakan Batuk

Orang-orang zaman dulu sering memanfaatkan bahan-bahan alami untuk digunakan sebagai obat. Nah, salah satunya yang paling legendaris adalah kecap dan jeruk nipis. Biasanya satu sendok kecap ditambahkan dengan setengah perasan jeruk nipis, dicampur rata dan langsung diminum. Efeknya memang bisa mendorong dahak lebih mudah untuk dikeluarkan.

Kedua bahan ini juga sering dipakai untuk meredakan batuk pada anak kecil. Sayangnya, perpaduan rasa jruk nipis dan kecap yang terasa agak aneh, membuat si Kecil tak langsung mau menalannya.

Setelah beberapa hari melakukan pengobatan ini, batuk akan mereda. Tinggal disempurnakan lagi dengan mengurangi makan makanan yang berminyak dan minum es manis. Tapi, kenapa sih harus jeruk nipis?

Maura Shenker, seorang nutritionist dan kontributor Livestrong-situs kesehatan asal Amerika menerangkan bahwa jeruk nipis sangat kaya vitamin C yang akan bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Nah, kandungan ini juga membantu mengencerkan lendir dan mengeluarkan dahak yang berlebihan di tenggorokan.  

Selain jeruk nipis dan kecap, ada juga beberapa ramuan lain yang bisa digunakan untuk meredakan batuk si kecil, yaitu jeruk nipis dan madu.

Jeruk Nipis dan Madu

Masih dengan bahan yang sama, namun kali ini jeruk nipis berkolaborasi dengan madu untuk membantu menyembuhkan si kecil. Madu terkenal dengan sifat anti-bakterinya sehingga ampuh dalam mengusir virus yang mengendap di tenggorokan. Campurkan satu sendok makan madu dengan setengah sendok sari jeruk nipis. Aduk-aduk lalu berikan pada si kecil. Cara lainnya bisa dengan menyembuhkan kedua bahan ini dengan secangkir air hangat untuk membuat batuk pergi dan tenggorokan terasa lebih ringan.

Bahan alami memang memberikan manfaat yang cukup bagus. Apalagi untuk si kecil yang badannya belum terbiasa dengan bahan-bahan kimia. Jadi, kalau Anda tidak sempat memeriksakannya, obati dulu menggunakan bahan alami. Baru setelah itu ajak ke dokter supaya mendapat penanganan lebih lanjut. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait