Saatnya Manjakan Si Kecil yang Doyan Pedas

93725299d1b429d7fc37ab33b56f0877b26022c9.jpeg

Menurut pendapat masyarakat umum, anak belajar banyak dari apa yang orang tua lakukan. Tidak terkecuali dengan selera makan. Jika Anda suka pedas, ada kemungkinan si kecil juga menyukainya. Namun, di usia yang masih belia sepertinya belum saatnya untuk memberikan si kecil makanan yang satu ini. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengenalkan makanan pedas pada si kecil?

Menurut Kristi King, seorang ahli diet senior dari Texas Children Hospital, anak-anak juga ingin merasakan makanan dengan rasa yang lezat, layaknya orang dewasa. Sebelum usia 1 tahun ada baiknya untuk menjauhkan dia dari berbagai macam makanan pedas karena pencernaannya belum stabil.

Menginjak akhir satu tahun, Anda bisa mulai mengenalkan si kecil dengan bahan makanan yang sedikit menggoyang lidah seperti merica, bubuk cabe, dan lain sebagainya. Namun jangan menambahkan banyak-banyak ya. Ketika si kecil memasuki usai tiga tahun, dia baru boleh mencicipi hidangan pedas. Tapi, jangan terlalu banyak agar tidak mengganggu pencernaannya.

Dilansir dari bonappetit.com. berikut ada tips untuk memanjakan si kecil yang doyan makanan pedas. Simak ya.

Tips 1: Tidak ada saus olahan

Saus olahan memiliki aneka campuran bahan. Tidak hanya tomat, tapi juga pewarna dan perasa pedas buatan. Bagi si kecil rasanya memang enak, tapi jika terlalu sering dikonsumsi bisa menimbulkan masalah kesehatan. Lebih baik, kenalkan dia dengan bahan-bahan pedas alami seperti jahe, cabe, merica, dan rempah lainnya. Anda bisa mengolah beraneka bahan pedas tadi menjadi saus homemade yang tidak kalah lezatnya dari saus olahan.

Tips 2 : Sediakan di meja

Selain selai manis dan roti, sediakan juga aneka bumbu pedas di meja makan. Bisa bubuk cabe, saus pedas homemade, dan merica. Cara ini akan membuat si kecil tidak perlu meminta lagi ketika ingin merasakan makanan pedas. Selain itu, jangan takut-takuti anak Anda dengan pedasnya cabe ya. Biarkan dia bereksplorasi dengan rasa-rasa nusantara.

Bu, tidak perlu khawatir ketika si kecil makan makanan pedas. Berikan dia hidangan terbaik dengan cita rasa yang melimpah agar selera makannya terpenuhi. Semoga informasinya bermanfaat ya.