©shutterstock

Sarapan Pagi Sebelum Berolahraga Ada Manfaatnya, Kok!

Setiap orang mendambakan badan yang sehat dan bentuk tubuh yang tetap terjaga. Cara paling sederhana adalah menyempatkan waktu untuk berolahraga. Terkadang, Anda melewatkan sarapan dengan harapan lebih banyak kalori yang terbakar. Kurang tepat tuh! Justru menjaga asupan makanan sebelum berolahraga punya banyak manfaat.

Simak penjelasan tentang keuntungan sarapan pagi sebelum berolahraga ya.

Memberikan Tenaga untuk Berolahraga

Melewatkan sarapan berarti tidak mempunyai bahan bakar untuk melakukan kegiatan, terutama yang melibatkan aktivitas fisik. Mempertahankan nutrisi yang sehat sangat penting karena otot-otot bergantung pada makanan, terutama karbohidrat. Ketika berolahraga, tubuh menggunakan glukosa dan cadangannya di otot, yang disebut glikogen. Tidak adanya makanan yang dibakar menyebabkan gula darah menjadi rendah, sehingga membuat Anda pusing dan merasa lebih lelah saat berolahraga. Columbia University Health Services menyarankan untuk memakan sarapan yang bergizi dengan porsi yang tidak terlalu banyak untuk memberikan energi selama berolahraga.

Kekurangan Semangat Berolahraga

Tanpa sarapan terlebih dahulu, tidak ada tenaga untuk melakukan olahraga dan menjadi kurang semangat melakukannya, sehingga kalori yang dibakar juga lebih sedikit. Biasakan untuk membawa protein bar, yoghurt buah, atau sebuah pisang untuk mengganjal perut dan memberikan dorongan tenaga sebelum melakukan aktivitas fisik.

Menahan Nafsu Makan

Sarapan kecil sebelum olah raga tidak akan mengganggu upaya penurunan berat badan. Untuk memastikannya, sesuaikan kalori dan porsi sarapan dengan intensitas olah raga. Terlalu sedikit asupan kalori saat makan pagi akan membuat tubuh lemas, tapi terlalu banyak juga membuat proses olah raga tidak efektif untuk menurunkan berat badan. International Journal of Sports Nutrition and Excercise Metabolism menunjukkan perempuan yang mengonsumsi minuman berkarbohidrat sebelum melakukan olah raga, akan makan lebih sedikit di sepanjang hari ketimbang yang melewatkan sarapan.

Pilih Sarapan yang Mudah Dicerna

Sebagian orang memilih untuk tidak memakan sarapan sebelum berolahraga karena takut mengalami mual atau ketidaknyamanan dalam perut. Jika intensitas olah raga yang akan dilakukan termasuk lama dan berat, asupan makanan akan menjaga gula darah dan kemampuan membakar kalori. Pilihlah menu sarapan yang mudah dicerna agar tidak membuat perut terasa terlalu penuh, misalnya smoothie pisang, oatmeal buah, dan protein shake.

Melihat banyaknya manfaat yang diberikan, tidak ada salahnya lho meluangkan sedikit waktu untuk menyantap sarapan sehat dalam porsi kecil, agar olah raga jadi lebih semangat dan efektif.

Share artikel ini:

Artikel Terkait