©shutterstock

Satu Siung Bawang Putih Untuk Sakit Gigi Tak Tertahankan

“Gigiku sakit Bu...”

Keluh si kecil begitu keras saat giginya tiba-tiba terasa ngilu. Sakit gigi memang cukup menyiksa, bahkan orang dewasa sekalipun kadang tak mampu menahan diri untuk diam jika mengalami sakit gigi. Kebersihan gigi yang kurang terjaga kerap memicu timbulnya penyakit ini, apalagi buat anak-anak yang kadang masih kurang memperhatikan rutinitas sikat gigi. Itulah sebabnya penyakit ini sering menimpa anak-anak.

Salah satu cara yang sering digunakan oleh orang zaman dulu untuk mengobati sakit gigi menggunakan bawang putih. Ternyata penggunaan bawang putih sebagai herbal ini bukan tanpa alasan. Joe Lewis, praktisi kesehatan dan ahli diet dari Amerika menyebutkan bawang putih mengandung alisin, zat yang dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi termasuk mengurangi ngilu saat sakit gigi.

Untuk membuatnya, tumbuk satu sampai dua siung bawang putih segar. Tambahkan satu sendok teh garam. Tumbuk sampai benar-benar lembut. Jadikan tumbukan bawang putih dan garam ini sebagai pasta gigi. Bila kering Anda bisa menambahkan olive oil untuk mengencerkannya kembali. Tempelkan dengan menggunakan tangan ke bagian gigi yang sakit. Biarkan selama 30 menit.

Aplikasikan cara tersebut secara rutin sampai rasa sakit pada gigi bisa benar-benar hilang. Apabila rasa sakit masih terus berlanjut, segeralah ke dokter gigi. Sebab, sakit gigi tak selalu diakibatkan oleh gangguan kuman yang bersarang. Kadang, infeksi pada gusi maupun sistem saraf yang ada di dalam gigi juga bisa menyebabkan rasa sakit yang serupa.

Pergi ke dokter gigi memang menjadi cara yang paling tepat, karena akan memberikan banyak informasi seputar kesehatan gigi Anda maupun si kecil sekarang. Di samping itu, pergi ke dokter gigi tidak hanya diperuntukkan untuk orang yang sedang sakit gigi saja. Ajaklah si kecil periksa kesehatan gigi bersama setiap 6 bulan sekali, sehingga risiko mengalami sakit gigi pun bisa diminimalkan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait