@shutterstock

Scuba Diving, Tren Menyelam yang Mulai Bisa Dinikmati Anak-anak

Setelah mahir berenang dan menikmati snorkeling, si Kecil sekarang sudah mulai bisa belajar menyelam scuba. Tidak hanya dapat dilakukan orang dewasa, tapi juga oleh anak-anak, tentunya diawali dengan pengenalan dan metode latihan yang tepat, agar terhindar dari risiko cidera dan gangguan kesehatan.

Gunakan langkah-langkah penting ini untuk mengajarkan menyelam pada anak-anak.

Ingatkan Aturan Keamanan

Biasanya anak-anak mengalami keraguan saat bertanya di hadapan teman-teman lainnya yang lebih berpengalaman. Ingatkan selalu cara dan aturan menyelam seperti isyarat tangan, cara memasang peralatan menyelam, serta prosedur menyelam dengan teman. Mulailah dengan melatihnya di kolam renang biasa, baru kemudian mencobanya di lautan. Jika sudah berada di bawah air, biasanya anak-anak mudah terganggu dan lupa akan semua yang sudah diajarkan. Minta anak untuk tetap fokus ya.

Gunakan Peralatan yang Tepat

Dalam menyelam, peralatan yang tepat ukurannya sangat menentukan kenyamanan dan keamanan penggunanya. Jika si Kecil serius menekuninya, jangan segan-segan mengeluarkan anggaran lebih untuk peralatan yang terbaik, misalnya masker, kaki katak, tangki udara, dan pakaian khusus menyelam. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menyewa peralatan menyelam, tapi pastikan sesuai untuk si Kecil ya.

Lakukan Pengawasan yang Ketat

Lakukan pengecekan alat pengukur pada peralatan menyelam si Kecil sesering mungkin. Anak-anak tidak selalu mengetahui berapa banyak udara yang tersisa di tangkinya. Selain itu, jangan membiarkan mereka terpisah terlalu jauh saat menyelam untuk memastikan keamanan dan keselamatannya.

Masukkan Permainan

Buat scuba diving menyenangkan! Untuk beberapa anak, menyelam di bawah air dapat menjadi pengalaman yang berbeda dan terkadang menakutkan. Selain itu, latihan yang berulang-ulang dapat membuat mereka bosan dan tidak termotivasi. Setelah mengajarinya dasar-dasar menyelam, seperti mask clearing, pemulihan regulator, dan dasar-dasar mengapung, gabungkan beberapa games di sesi latihan. Misalnya mainkan kompetisi meluncur di atas atau bawah air paling cepat, atau minta anak untuk menyelam dan mengambilkan barang-barang yang sengaja Anda tempatkan di dasar kolam.

Pilih Instruktur

Untuk mengajarkan menyelam, Anda dapat menggunakan jasa kursus menyelam yang menyediakan instruktur yang berpengalaman. Pastikan memilih orang yang tidak hanya ahli di bidangnya, tapi juga sabar dalam mengajar anak-anak, dan teliti untuk memastikan si Kecil tetap aman dan nyaman saat menyelam. Dampingi selalu saat latihan dan sediakan waktu untuk mendengar keluh kesah maupun kesenangan yang baru saja dialaminya.

Sudah siap menyelam untuk menghabiskan liburan yang akan datang? Selamat bersenang-senang ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait