@shutterstock

Seafood Diet Plan Selama Seminggu

Selain lezat, beberapa jenis seafood kaya akan asam lemak omega 3, tinggi selenium, dan rendah lemak jenuh, menjadikannya pilihan protein yang sehat untuk jantung. Anda juga bisa lho memanfaatkannya untuk menunjang menu diet selama seminggu. Intip contekannya berikut ini ya.

Pilihan Sarapan

Walau sedang menjalankan program diet, sarapan wajib dilakukan. Mengonsumsi makanan sehat di pagi hari dapat menaikkan gula darah, meningkatkan kosnentrasi, memberi energi untuk memulai aktivitas, serta mengurangi rasa lapar sepanjang hari, seperti yang dilansir situs WebMD. Sarapan berbasis telur biasanya cocok dengan ikan atau kerang. Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk memasak, cobalah membuat orak-arik telur dengan salmon atau daging kepiting, dan beberapa genggam sayuran hijau. Sajikan dengan roti bakar gandum untuk sarapan yang lebih mengenyangkan. Tortilla berisi fillet ikan nila atau cod, dan selembar keju rendah lemak adalah alternatif sehat dan lezat untuk menjadikan seafood sebagai sarapan.

Makan Siang

Menurut situs Livestrong, pilihan makan siang yang bernutrisi dapat mengisi kembali energi yang hilang setelah beraktivitas dan membuat perut kenyang lebih lama, sehingga menghindarkan godaan mengudap makanan manis dan tinggi kalori. Salad dan sandwich adalah menu makan siang yang cocok digabungkan dengan seafood, misalnya salad sayuran hijau dengan kerang, udang kukus, atau tiram. Buatlah salad seafood yang creamy dengan menggunakan kacang, jagung, dan yoghurt sebagai pengisi sandwich. Bisa juga dengan mencoba mengukus ikan di atas nasi atau oatmeal, kemudian bumbui dengan lemon dan lada hitam untuk menambah kelezatan.

Makan Malam

Banyak pelaku diet yang sengaja tidak makan malam untuk mengurangi berat badan. Padahal asupan kalori tetap dibutuhkan saat tidur dan bangun di pagi hari. Pilih menu yang bernutrisi tinggi tapi tidak terlalu mengenyangkan seperti pasta, sup, dan tumisan yang praktis. Cobalah membuat pasta alfredo rendah kalori berisi ikan cod dan kerang. Anda juga bisa membuat bubur seafood, sup jambalaya, atau tumisan yang mengombinasikan ikan dan sayuran segar, dan disajikan di atas beras merah. Lengkapi dengan memakan buah-buahan untuk memastikan pola makan yang dimiliki tetap sehat dan seimbang.

Tidak susah kan memasukkan seafood sebagai menu diet Anda selama seminggu? Selamat mencoba!

Share artikel ini:

Artikel Terkait