©shutterstock

Segarnya Buah Naga, Hadiah Sehat dari Ibu

Dalam masa pertumbuhan, si Kecil perlu mendapatkan cukup kalori untuk memungkinkan pembentukan otot dan perkembangan otak. Pilihan kudapan yang sehat dan nutrisi dapat membantu proses tersebut. Salah satu variasi kudapan yang dapat disajikan adalah buah-buahan segar seperti buah naga. Meskipun mempunyai bentuk luar yang tidak lazim, akan tetapi rasanya yang manis dan segar pasti akan membuat ketagihan.

Ada beberapa manfaat buah naga yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh sekeluarga, seperti yang dilansir di situs Live Strong.

Kudapan Rendah Kalori

Tidak hanya dikenal sebagai buah yang tepat untuk orang yang sedang menjalani diet, buah naga pas dijadikan kudapan yang tidak mengenyangkan sehingga tidak mengganggu jam makan si Kecil. satu buah naga berbobot 198 gram mengandung 60 kalori. The Centers for Disease Control and Prevention menyatakan konsumsi rutin dapat menjaga berat ideal si Kecil.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Satu buah naga menyumbangkan 15% kebutuhan vitamin C per hari. Tingginya kandungan vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Memakan buah naga secara rutin juga meningkatkan antioksidan dalam tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang terjaga dapat menghindarkan si Kecil dari penyakit-penyakit yang ada disekitarnya.

Pertumbuhan Tulang

Buah naga juga mengandung kalsium dan zat besi, dua mineral yang penting dalam pertumbuhan tulang. Satu buah berukuran kecil memenuhi 1% kebutuhan kalsium dan 8% zat besi per hari. Kalsium juga diperlukan untuk pembentukan otot dan perkembangan saraf. Sedangkan zat besi amat penting untuk sirkulasi oksigen dalam darah.

Melancarkan pencernaan

Apabila si Kecil mengalami gangguan pada pencernaan atau jadwal ke toilet yang tidak teratur, kandungan serat yang tinggi dalam buah naga dapat membantu melancarkannya. Menurut American Academy of Pediatrics, tubuh si Kecil membutuhkan 14 gram serat setiap 1000 kalori yang dimakan, agar terhindar dari sembelit, perut kembung, maupun penyakit pencernaan lain.

Kaya Vitamin B Kompleks

Selain kaya akan vitamin C, buah naga juga mengandung banyak vitamin penting lainnya seperti vitamin B1, B2 dan B3 yang membantu menjaga kesehatan kulit dan metabolisme tubuh.

Melihat banyaknya manfaat yang diberikan buah naga, mulai saat ini jangan lupa masukkan buah ini dalam menu harian si Kecil ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait