©shutterstock

Segarnya Jeruk Nipis Berlimpah Manfaat

Selama ini jeruk nipis hanya dikenal sebagai pelengkap minuman dan makanan. Rasanya yang khas memang membuat rasa semakin nikmat. Apalagi jika dicampurkan dengan kuah soto yang masih panas atau ditambahkan dalam soda dingin. Namun tahu tidak, ternyata jeruk nipis juga punya manfaat yang bagus lho untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Mau tahu? Cek di sini ya!

Mengobati Sariawan

Sariawan sering terjadi tanpa diduga. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya seperti kondisi mulut yang kotor, tidak sengaja tergigit, dan lain sebagainya. Nah, jeruk nipis bisa lho dipakai untuk mengobatinya. Kandungan vitamin C dalam buah ini akan membantu menutup luka sariawan dan membuat mulut kembali segar. Cukup basahi bola kapas dengan sari jeruk nipis dan oleskan ke bagian yang sakit. Ada juga cara yang sedikit ekstrim yaitu langsung menerapkan sari jeruk nipis ke sariawan tanpa perantara. Rasanya memang perih, tapi dalam beberapa hari kemudian luka akan menutup dan Anda bisa mengunyah lagi dengan leluasa.

Merawat Kulit

Rajin mengonsumsi jeruk nipis atau menggunakannya sebagai masker juga bisa membuat kulit makin cantik. Dilansir dari salah satu situs kecantikan terbesar, yaitu stylecare.com, kandungan vitamin C dan flavonoid dalam buah ini akan membantu meremajakan kulit,  membuatnya jadi lebih cerah, dan juga mengurangi bau badan. Sifat asam yang dimiliki jeruk nipis berfungsi sebagai obat penyembuh luka karena memiliki sifat antibiotik.

Menurunkan Demam

Jeruk nipis sering dimanfaatkan untuk menurunkan demam yang terjadi pada si kecil ataupun orang dewasa. Biasanya, jeruk nipis akan diperas dan kemudian dicampur dengan air hangat. Setelah itu dioleskan ke punggung atau digunakan sebagai kompres. Tunggu semalaman, besoknya demam akan mereda. Bisa juga diolah dengan teh untuk membuat badan kembali sehat.

Keluarga buah jeruk memang menyimpan segudang manfaat hebat untuk kesehatan. Tak hanya itu saja, rasanya juga segar. Apalagi jika dinikmati saat matahari sedang bersinar dengan teriknya. Semoga informasinya bisa membantu ya! Selamat mencoba.

Share artikel ini:

Artikel Terkait