Sehat dengan Makan Cokelat yang Tepat

Sehat dengan Makan Cokelat yang Tepat

Kabar gembira untuk chocolate lover nih! Penelitian terbaru menunjukkan, konsumsi cokelat secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut ahli saraf bernama Will Clover, PhD., memakan cokelat 20 menit sebelum dan 5 menit setelah makan siang ataupun makan malam dapat menurunkan nafsu makan hingga 50 persen.

Peneliti lain dari Yale Griffin Prevention Research Center, Valentine Yanchou Njike, MD, MPH, menyatakan bahwa cokelat baik untuk jantung dan menjaga tekanan darah. Tapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa panduan dalam menggunakan cokelat sebagai salah satu cara menurunkan berat badan. Apa aja ya tips-tipsnya?

Carilah cokelat murni
Walau diperbolehkan mengonsumsi cokelat, pilihlah cokelat murni yang terkandung dalam cokelat batangan, bukan kue cokelat. Anda dapat menikmati rasa coklat yang sesungguhnya, tanpa menambah asupan kalori dan lemak yang terdapat pada kue.

Konsumsilah dengan bijak
Cokelat memang baik untuk kesehatan, tapi jangan jadikan cokelat sebagai makanan utama. Sayuran dan buah-buahan harus tetap Anda konsumsi untuk mencukupi kebutuhan serat dan protein. Tapi sebagai kudapan, memilih cokelat masih lebih baik kok dari keripik kentang.

Makanlah yang berlabel 'Low Calories'
Semakin murni cokelat, semakin tinggi pula zat flavonoid yang terkandung di dalamnya. Tapi tidak semua suka dengan rasa pahitnya dan lebih memilih cokelat susu yang lebih manis. Anda bisa saja memakan cokelat yang rasanya lebih manis, tapi pilih yang berlabel low calories dan diperkaya kacang-kacangan atau buah-buahan kering.

Perhatikan porsi
Lebih baik membeli cokelat dalam potongan-potongan kecil daripada potongan besar, walaupun harganya lebih mahal. Walau kandungan antioksidannya baik bagi tubuh, Anda tetap harus membatasi konsumsinya. Potongan cokelat yang besar akan selalu menggoda Anda untuk terus memakannya. Oh No!

Diminum juga asyik
Rasa minuman cokelat, baik panas maupun dingin, memang sangat enak. Akan tetapi terlalu sering membeli di café atau produk instan, akan membuat dompet Anda cepat menipis, belum lagi kandungan gula dan lemak yang ada di dalamnya. Raciklah sendiri resep minuman dengan menggunakan susu rendah lemak dan gula diet. Yummy and healthy.

Nikmatilah
Makanlah coklat tersebut dengan perlahan, jangan langsung cepat-cepat dikunyah dan langsung ditelan. Biarkan meleleh dan nikmati rasa coklat yang menyebar di mulut anda. Cara ini dapat meredam keinginan Anda untuk memakan coklat dalam jumlah yang banyak.

So, jangan kuatir dan ragu lagi memasukkan coklat ke menu sehari-hari Anda ya.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait