@shutterstock

Sehatkan Jantung Dengan Olahraga

Kebanyakan orang berolahraga dengan tujuan tidak hanya menginginkan tubuh yang bugar saja, namun juga jantung yang sehat. Tapi, olahraga bukan hanya sekedar menggerakkan tubuh dan berkeringat saja lho. Dilansir dari Dr. Handrawan Nadesul, olahraga yang menyehatkan jantung adalah olahraga yang memasuki zona aerobik yaitu olahraga yang meningkatkan debaran jantung. Wah, olahraga yang bagaimanakah itu? Simak penjelasan berikut yuk.

Jalan cepat
Jalan cepat merupakan olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan setiap hari. Dengan berjalan cepat, jantung terpompa untuk bekerja lebih cepat dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Denyut jantung yang meningkat inilah yang dapat menyehatkan dan menguatkan kinerja jantung.

Berlari
Berlari dapat mengurangi tumpukan lemak yang mengelilingi jantung dan yang berada di dalam pembuluh darah. Selain itu, berlari dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh menjadi bugar. Nah, dengan terciptanya daya tahan yang baik juga akan mempengaruhi daya tahan jantung yang kuat.

Berenang
Saat berenang, seluruh anggota tubuh dipicu untuk bergerak secara bersamaan. Oleh karena itu, berenang memiliki manfaat kebaikan yang beragam bagi tubuh. Misalnya saja seperti meningkatkan sirkulasi darah, menormalkan tekanan darah dan yang paling utama adalah menjaga kesehatan jantung. Saat menahan nafas dan bergerak dalam air inilah debaran jantung meningkat sehingga bermanfaat untuk menjaga kekuatan jantung.

Bersepeda
Kegiatan bersepeda yang menyenangkan ini ternyata memiliki manfaat untuk menjaga kekuatan dan kesehatan jantung lho. Oleh karena itu, kebiasaan bersepeda harusnya dibiasakan sejak dini ya. Selain sehat untuk jantung, bersepeda juga dapat mengurangi risiko terkena stroke dan serangan jantung.

Mana olahraga pilihan Anda? Selalu jaga kesehatan dan kekuatan jantung dengan rutin berolahraga ya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait