@shutterstock

Sehatnya Chocolate Fondue Berbahan Dasar Dark Chocolate

Biasanya, untuk menjaga hidup sehat, Anda sengaja menghindari konsumsi makanan manis. Padahal menurut ahli gizi dari Nashville, Sarah-Jane Bedwell, RD, setiap orang bisa memanjakan dirinya sendiri dengan kudapan, tidak ada alasan mengapa camilan 100 atau 200 kalori tidak bisa dimasukkan dalam pola makan yang sehat.

Cokelat adalah makanan manis yang banyak digemari, tidak hanya rasanya yang lezat tapi juga tinggi kandungan flavonoid yang bermanfaat menjaga kesehatan sistem kardiovaskular, menurut penelitian tahun 2003 yang dilakukan University of California. Yuk simak tips membuat fondue cokelat hitam ala chef berikut ini.

Menggunakan Fondue Pot

Cara termudah membuat Chocolate Fondue adalah menggunakan fondue pot. Tips menggunakan alat khusus ini adalah dengan menggunakan api kecil di bawahnya, sehingga cokelat akan tetap mencair lebih lama, hangat, dan mencegahnya menggumpal. Jika tidak memiliki alat khusus tersebut, Ibu bisa menggunakan panci biasa. Cara terbaik melelehkan cokelat adalah dengan meletakkan air panas di bawahnya atau double boiler. Memanaskan cokelat langsung di atas api kompor berisiko mudah gosong dan mengeras. Setelah meleleh, tempatkan sarung tangan oven di bawahnya untuk menjaganya tetap hangat lebih lama.

Ganti Bahan yang Lebih Sehat

Satu porsi Chocolate Fondue atau sekitar 103 gram mengandung 122 kalori dan 5,5 gram lemak. Tingginya kadar kalori disumbang oleh penggunaan mentega, heavy cream, dan sirup jagung. Untuk membuatnya lebih sehat dan rendah kalori, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan 3 jenis cokelat, Susu DANCOW full cream, sejumput garam, dan vanili ekstrak untuk mendapatkan produk akhir yang punya rasa dan kekentalan yang sama. Kombinasikan cokelat bubuk, semi sweet chocolate, dan dark chocolate yang mengandung kadar kakao lebih tinggi dari 65%.

Tambahkan Rempah

Selain membuat rasa fondue makin lezat, penambahan bumbu dan rempah-rempah juga memberikan manfaat kesehatan tubuh. Anda bisa menambahkan kayu manis bubuk, sejumput bubuk kopi, parutan kulit jeruk, dan earl grey tea untuk memberikan rasa yang unik, menarik, dan berbeda.

Makanan Pendamping

Sambil menunggu cokelat leleh, siapkan bahan makanan yang akan dicelupkan ke dalamnya. Pilih makanan yang sehat dan rendah kalori, misalkan irisan buah seperti strawberry, apel, nanas, pisang, dan jeruk, biskuit gandum, roti gandum yang dipotong kotak-kotak, marshmallow, dan sereal seperti Nestlé KOKO KRUNCH, atau Nestlé CORN FLAKES.

Buat weekend ini makin spesial dengan sajian fondue yang terbuat dari cokelat hitam. Tidak hanya lezat, tapi juga menyehatkan lho, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait