Wedang, Penyegar Menu Diet

Sensasi Wedang, Penyegar Menu Diet

Indonesia mempunyai beragam minuman tradisional yang menawarkan banyak manfaat, terutama bagi kesehatan tubuh. Wedang merupakan sebutan minuman hangat tradisional Indonesia. Bahannya yang alami sangat cocok untuk dijadikan minuman pelengkap diet sehat. Wedang Ronde, Bandrek, Sekoteng, Bajigur dan Teh Jahe adalah beberapa jenis wedang. Simak manfaat lengkapnya di bawah ini.

Wedang Ronde

Minuman hangat ini merupaka perpaduan antara wedang jahe dengan bola-bola ketan yang terbuat dari kacang dan gula. Jahe yang ada di dalam wedang ronde berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga dapat meredakan rasa tidak nyaman pada pencernaan, terutama saat mengalami mabuk kendaraan dan perut kembung. Kacang yang terdapat pada bola ketan kaya akan energi dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Tidak salah jika membiasakan untuk meminum wedang ronde saat kondisi badan kurang fit.

Sekoteng

Hampir mirip dengan wedang ronde, wedang sekoteng yang berasal dari Jawa Tengah ini juga berbahan utama air jahe. Perbedaannya ada pada penambahan kacang hijau, biji delima, dan juga potongan roti tawar. Wedang ini juga punya manfaat yang sama dengan wedang ronde, yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Penambahan kacang hijau yang kaya protein juga akan mempercepat pemulihan kondisi badan yang kurang fit, sementara roti tawar menambah asupan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bandrek

Minuman khas dari Jawa Barat ini menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan jahe yang terdapat di dalamnya membuat wedang yang satu ini cocok diminum pada saat cuaca dingin. Selain jahe, bandrek juga mengandung kayu manis yang dapat membantu menurunkan gula darah. Hadirnya cengkeh sebagai salah satu bahan dari wedang ini juga berperan memperbaiki pencernaan dan memerangi flu.

Bajigur

Masih dari Jawa Barat, satu lagi wedang khas daerah ini adalah Bajigur. Perpaduan santan, gula aren, garam, dan sedikit jahe membuat minuman yang satu ini amat cocok dinikmati saat musim hujan datang. Santan kaya akan Vitamin C dan E yang berguna untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, serta vitamin B yang berguna untuk memberikan energi bagi sel tubuh.

Teh Jahe

Sebuah minuman kombinasi dari dua bahan yang amat bermanfaat bagi tubuh. Teh dengan kandungan antioksidan yang tinggi dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kemungkinan terjadinya serangan jantung. Selain itu teh juga dipercaya untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Semua manfaat tersebut ditambah dengan jahe membuat teh jahe minuman sempurna bagi Anda yang ingin meningkatkan kondisi tubuh.

Pilih salah satu minuman khas Indonesia dan nikmati khasiat bagi kesehatan tubuh.

Share artikel ini:

Artikel Terkait