@shutterstock

Seru-Seruan dengan Sepatu Roda

Si Kecil bisa bermain sepatu roda? Jika jawabannya tidak, maka anak kehilangan salah satu kegiatan paling menarik yang dapat dinikmati selama berjam-jam. Awalnya dikenal sebagai olahraga ekstrim, sepatu roda sedang digemari oleh kalangan muda yang mencari kegiatan fisik luar rumah yang menyenangkan.

Selain menjadi sarana olahraga yang baik bagi anak, bermain sepatu roda juga mengasah keseimbangan yang membuka peluang untuk olahraga lainnya seperti bersepeda dan skateboard. Supaya keseruan bermain sepatu roda tidak terganggu, ikuti tips-tips berikut ini dari situs Kid’s Health untuk menjaga si Kecil tetap aman.

Memakai Helm

Kebanyakan pengguna sepatu roda mengalami cidera saat kehilangan keseimbangan dan jatuh pada permukaan jalan yang keras. Bagian tubuh yang paling sering terluka adalah tangan dan lengan. Tapi yang paling berbahaya adalah jika mengenai kepala. Untuk menghindarinya, wajibkan si Kecil untuk memakai helm. Ibu bisa memilihkan helm bersepeda atau yang khusus didesain untuk bersepatu roda. Bentuknya yang turun lebih rendah di belakang menuju dasar tengkorak memberikan perlindungan yang maksimal saat jatuh ke belakang. Ukuran helm juga harus pas, terlalu besar akan berisiko lepas saat digunakan, sedangkan jika terlalu kecil tidak akan nyaman digunakan. Selalu kencangkan tali dagu agar pas di bawah dagu sehingga helm tidak bergerak.

Sepatu Roda

Ada 2 jenis sepatu roda yang bisa dipilih, yaitu quads yang memiliki 2 roda di kanan dan 2 roda di kiri, serta rem yang ada di bagian depan kaki. Jenis yang lain adalah in-line skate yang mempunyai 4 roda dalam satu garis dan memiliki rem di daerah tumit kaki. Sepatu roda tradisional memberikan keseimbangan yang lebih baik dan lebih murah. Sedangkan in-line skate biasanya lebih ringan, praktis digunakan, tapi lebih mahal. Apapun pilihan Anda, amati bahan sepatu roda apakah terbuat dari plastik yang cukup kuat. Begitu juga dengan roda dan rem, pastikan kondisinya baik dan tidak aus. Periksa gesper sebelum dipakai agar si Kecil aman dan nyaman saat meluncur.

Bantalan Pelindung

Luka, goresan, terkilir, atau patah pergelangan tangan adalah bahaya yang dapat terjadi pada pengguna sepatu roda. Pastikan si Kecil menggunakan penutup lutut, bantalan siku, dan sarung tangan setiap kali meluncur. Pasang dengan erat agar tidak mudah lepas dan efektif menjaga keamanannya saat jatuh atau bertabrakan dengan yang lain.

Ingatkan juga pada si Kecil untuk melakukan pemanasan dan selalu bersepatu roda di tempat sepi, jauh dari kendaraan, serta bebas air maupun minyak. Have a great time ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait