Serunya Bersepeda Bersama Keluarga

Salah satu olahraga yang tak hanya memuat kebaikan bagi kesehatan fisik tapi juga mental seseorang ialah bersepeda. Ada kesenangan unik yang bisa didapat melalui kegiatan ini, apalagi jika dilakukan bersama keluarga.

Betapa menyenangkan bila Orangtua serta anak meluangkan waktu khusus untuk bersepeda bersama di hari Sabtu atau Minggu pagi. Untuk menentukan tempat yang akan dituju, orangtua perlu mendiskusikan bersama anak. Hasil diskusi tersebut akan menentukan pula persiapannya, jika taman sebagai tempat tujuan maka perlu membawa bekal makanan dan alas karpet atau tikar.

Jangan lupa mempertimbangkan jenis sepeda yang dipakai sesuai dengan kebutuhan masing-masing anggota keluarga. Untuk orangtua yang memiliki anak batita, sebaiknya pilih sepeda dengan bangku tambahan yang digunakan untuk membonceng anak. Sedangkan untuk anak yang sudah bisa bersepeda, pilih sepeda berukuran tidak lebih besar darinya. Sehingga Ia lebih mudah mengendalikannya.

Tempat tujuan juga mempengaruhi model sepeda yang akan dipakai. Jika taman bermain sebagai tujuannya, maka diperlukan sepeda yang memiliki keranjang atau boks khusus untuk memuat lebih banyak barang bawaan. Lain halnya, jika bukit atau kebun teh menjadi rutenya, maka diperlukan jenis sepeda gunung. Selain itu orangtua perlu mempertimbangkan pula faktor keamanannya.

Jenis aktivitas olahraga ini mudah diadaptasikan orangtua bersama anak- anaknya. Bahkan memungkinkan keterlibatan keluarga yang memiliki anak-anak batita atau balita didalamnya. Berikut tips bagi orangtua yang ingin mengajak si kecil bersepeda bersama :

  1. Gunakan helm serta pengaman di siku tangan dan lutut anak.
  2. Untuk anak usia dini, sebaiknya pilih rute dengan bahu jalan yang lebar.
  3. Pakaikan sweater atau jaket penghangat bagi si kecil yang duduk di boncengan.
  4. Jangan lupa memakai krim pelindung matahari sebelum bersepeda.
  5. Boleh saja mengajak anak menghadapi rute yang lebih menantang asalkan orangtua memeriksa setiap area yang akan dilewati seperti jalanan berkerikil, sungai, dan lainnya.
  6. Sebaiknya durasi bersepeda jangan terlalu lama karena akan membuat anak kelelahan. Durasi bersepeda ideal ialah 30 menit hingga 2 jam yang diselingi dengan sesekali istirahat.

Selamat Bersepeda !

(PT. Nestlé Indonesia bekerja sama dengan majalah Inspired Kids)

Share artikel ini:

Artikel Terkait