Si Kecil Susah Makan Hidangan Penuh Sayur Seperti Resep Capcay? Lakukan 6 tips ini!

Ibu tentu tahu bahwa sayur kaya akan zat gizi mikro yang meliputi vitamin, mineral dan serat. Zat gizi mikro ini dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung metabolisme, meningkatkan sistem imun dan juga menghasilkan energi yang penting dalam proses tumbuh kembang si Kecil. Selain itu, beberapa jenis sayuran juga kaya akan antioksidan yang dibutuhkan untuk menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Dari berbagai manfaat ini, tentu memasak berbagai resep yang menggunakan sayuran seperti resep capcay, resep sayur bayam menjadi rencana Ibu untuk membuat si Kecil mendapatkan asupan gizi yang terdapat dalam sayuran.

Sayangnya, si Kecil tak suka sayur adalah hal yang sering sekali terjadi. Ada yang tak menyukai rasanya, baunya dan bahkan ada yang kesulitan mengunyah dan menelannya. Dan karena sayur penting untuk si Kecil, tentu Ibu akan cemas jika si Kecil tak suka sayur. Nah, mungkin banyak dari Ibu yang justru melakukan berbagai cara yang malah membuat si Kecil makin tidak suka sayur, seperti memaksanya makan sayur, mengancam atau menyiasati dengan menyembunyikan sayur dalam makanan si Kecil. Daripada melakukan hal tersebut, lebih baik Ibu membiasakan si Kecil makan sayur sejak dini. Yuk, coba beberapa tips ini untuk membantu si Kecil terbiasa dan suka makan sayur.

  1. Gunakan beraneka jenis sayur

Saat mengolah makanan untuk si Kecil, gunakan aneka jenis sayur ya, Bu. Semakin banyak jenis sayur yang Ibu berikan maka si Kecil akan semakin kaya rasa. Si Kecil yang sudah merasakan berbagai jenis sayuran bukan hanya akan terbiasa makan sayur tetapi juga akan menjadi anak yang tak pilih-pilih makanan (picky eater). Selain itu, jenis sayur yang berbeda mengandung kandungan gizi yang berbeda pula. Ibu dapat membangkitkan nafsu makan sayur si Kecil dengan menyajikan hidangan sayuran yang menarik dan penuh warna.

  1. Perkenalkan nama dan manfaat aneka sayuran

Tak kenal makan tak sayang. Begitu juga dengan sayuran. Selain perlu mengenal rasa sayur agar terbiasa makan dan menyukai sayur, si Kecil juga perlu diperkenalkan dengan nama-nama jenis sayuran dan apa saja manfaatnya bagi tubuh. Lakukan dengan cara yang menyenangkan sesuai usia si Kecil ya, Bu. Untuk anak SD, pengetahuan mengenai sayuran ini bisa Ibu kaitkan dengan pelajaran IPA di sekolahnya. Ibu bisa lakukan dengan cara yang sederhana, misalkan meminta si Kecil untuk memilih satu jenis sayuran setiap harinya untuk diajarkan oleh Ibu.

  1. Memberi pujian

Walau tampak sederhana, tapi pujian dari Ibu dapat membuat si Kecil bangga dan bersemangat. Termasuk dalam hal makan sayuran. Jadi, jangan lupa memberi si Kecil pujian saat ia menghabiskan sayurannya di rumah maupun dalam bekal sekolahnya.

  1. Memberi contoh

Si Kecil belajar dari melihat apa yang ada di sekelilingnya dan Ibu adalah yang pertama menjadi sumber belajarnya. Jika Ibu tak suka makan sayur, tentu akan lebih sulit bagi Ibu untuk meminta si Kecil makan sayur. Ketika Ibu berkata pada si Kecil bahwa sayur itu baik bagi tubuh, tentu kata-kata ini perlu didukung dengan contoh yang sesusi seperti menambahkan sayur ke dalam menu makanan Ibu secara teratur, bukan? Cara lainnya adalah ajak si Kecil makan sayur bersama Ibu, karena si Kecil tentu akan mencoba makan apa yang Ibu makan.

  1. Sayuran tak perlu disembunyikan

Menyembunyikan sayur dalam masakan bukan cara yang tepat untuk membuat anak mau makan sayur. Pertama, cara ini tak selalu berhasil karena anak tetap bisa mengenali rasa dan tekstur sayur dan kemudian menolaknya. Kedua, anak perlu mengenal sayur dalam bentuk dan rasa aslinya untuk dapat terbiasa makan sayur. Ketiga, Ibu dapat kehilangan kepercayaan anak ketika Ibu bilang tak ada sayur di makanannya dan kemudian ia menemukan sayur tersebut. Jika Si Kecil menolak atau bahkan memuntahkan sayuran saat pertama kali mencoba sebuah jenis sayur, ibu tidak perlu khawatir, karena si Kecil tentu membutuhkan waktu untuk mengenali dan merasakan sayuran tersebut.

  1. Olah sayuran menjadi beraneka jenis masakan

Menggunakan berbagai jenis sayur akan membuat si Kecil kaya rasa. Nah, kalau mengolah sayur menjadi berbagai jenis masakan bisa jadi siasat agar si Kecil tak bosan, maka Ibu bisa ajak ia menyiapkan masakan tersebut agar makin semangat menyantapnya. Salah satu menu yang dapat Ibu buat bersama si Kecil adalah resep capcay sayur. Karena resep capcay sayur menggunakan berbagai jenis sayuran aneka warna yang kaya nutrisi sehingga Ibu dapat mengenalkan aneka sayur dalam satu masakan. Selain itu, resep capcay juga mudah dibuat bersama si Kecil dan pilihan yang praktis untuk dijadikan bekal. Jika Ibu tertarik mencobanya, yuk lihat tips membuat kuah capcay lezat ini.

Mudah bukan bu tips membuat si Kecil suka makan sayur diatas? Yuk biasakan si kecil makan sayur sejak dini agar semakin suka makan sayur, dan tentunya berbagai kandungan gizi mikro yang sangat berguna bagi tubuh bisa dirasakan oleh si Kecil.

Share artikel ini:

Artikel Terkait