©shutterstock

Si Kumis Kucing Beribu Khasiat

Eits, kumis kucing di sini bukan kumis yang nempel di muka kucing peliharaan lho ya, melainkan tanaman dengan bunga yang memesona. Tanaman kumis kucing bisa ditemukan di negara tropis dan Australia. Untuk mengenalinya pun cukup mudah, Anda tinggal memperhatikan bunganya apakah memilki benang sari yang mencuat panjang seperti kumis kucing yang barangkali ada di sekitar rumah.

Tapi tahu tidak, ternyata di balik bentuknya yang unik itu, kumis kucing menyimpan banyak manfaat bagus untuk kesehatan lho. Kira-kira apa saja ya? Werkstuk (pedoman klasifikasi tumbuhan dan manfaatnya) online tentang tanaman obat keluarga asal Amerika, Buzzle.com, menjabarkan manfaat daun kumis kucing lebih mendetail berikut ini.

Meredakan Darah Tinggi

Anda memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi? Coba gunakan ramuan kumis kucing untuk menyembuhkannya. Dalam daun tanaman kumis kucing terdapat kandungan Methylpariochromene A atau MRC yang mampu mengontrol tekanan darah sehingga kembali stabil. Anda bisa mengolah kumis kucing menjadi teh untuk diseduh dua kali sehari.

Mengobati Diabetes

Tanaman yang satu ini adalah sahabat para penderita diabetes. Cukup rebus 15 lembar daun kumis kucing dalam dua gelas air. Tunggu hingga mendidih dan airnya menyusut menjadi satu gelas saja. Konsumsi setiap satu kali sehari untuk membantu meringankan gejala diabetes.

Mengatasi Masuk Angin

Tiba-tiba masuk angin saat camping di hutan itu bikin susah banyak orang. Maka dari itu, jika Anda mengalami masalah ini, mintalah partner untuk mencarikan tanaman kumis kucing. Daun dari tumbuhan ini bisa diolah menjadi sesuatu yang menghangatkan badan dan membuat tubuh menjadi lebih baik. Cukup rebus daun kumis kucing dengan segelas air dan tunggu sampai mendidih. Biarkan dingin lalu minumlah secara teratur supaya tubuh kembali hangat.

Anti-Inflamasi

Tanaman kumis kucing diyakini memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi. Kedua hal ini sangat bermanfaat untuk mengatasi pembengkakan dan nyeri. Selain itu, sifat anti-mikroba yang dimiliki tanaman kumis kucing juga ampuh dalam meringankan gejala peradangan pada saluran kemih serta mencegah batu ginjal.

Menarik ya? Ngomong-ngomong, Anda bisa lho menanam kumis kucing sendiri di rumah. Manfaatkan halaman belakang untuk mengembangbiakkan tanaman ini supaya nanti kalau butuh tidak perlu ribet cari ke sana kemari. Yuk segera tanam kumis kucing! Semoga informasinya bermanfaat ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait