@shutterstock

Silat Anak, Olahraga Penunjang Pertahanan Diri Si Kecil

Dunia bela diri Indonesia kini kembali berkembang, terlebih setelah kesuksesan sebuah film Indonesia di kancah Internasional yang menonjolkan silat sebagai salah satu olahraga bela diri warisan bangsa. Silat memang sudah lama dikenal, namun baru belakangan ini banyak mendapatkan sorotan dari mata dunia. Tekniknya yang indah membuat salah satu jenis bela diri ini memang layak untuk dipertahankan, apalagi buat generasi muda bangsa.

Guna melestarikan bela diri ini, anak-anak kini bisa ikut belajar silat yang sudah banyak dijadikan kegiatan ekstrakurikuler sekolah maupun kelas bela diri khusus anak. Lalu, apa sih manfaat dari bela diri silat ini?

Melatih ketahanan fisik
Layaknya olahraga pada umumnya, silat juga bermanfaat untuk mendukung kebugaran tubuh. Kelebihan lainnya, silat dapat membantu menjaga kekuatan tubuh secara keseluruhan. Saat berlatih silat semua bagian tubuh digunakan secara maksimal, seperti kaki yang digunakan untuk tumpuan dan kuda, tangan untuk menangkis, dan tubuh agar tak mudah cedera saat terjatuh.

Merangsang pertahanan diri
Imbas dari ketahanan fisik akan membuat anak lebih sigap dalam mempertahankan dirinya. Belajar bela diri kemudian dapat digunakan untuk menyakiti orang lain, tetapi untuk mengajari si kecil agar lebih mandiri saat jauh dari Anda. Belum lagi jika ada ancaman fisik yang datang dari orang lain, kelebihan silat yang dia pelajari dapat membantunya minimal untuk melindungi diri dari bahaya.

Merangsang pertumbuhan anak
Oleh karena tubuh sering digunakan untuk berlatih, secara tak langsung hal ini dapat membantu proses tumbuh kembang anak. Mimi Johnson, MD, praktisi kesehatan dari American Academy of Pediatric Committee on Sport Medicine and Fitness, menjelaskan bahwa anak yang suka bela diri memiliki sistem tubuh yang lebih baik. Di samping itu beragam gerakan yang dilakukan selama silat mampu membuat otot tubuhnya bekerja maksimal, sehingga bisa melancarkan proses metabolisme dan penyerapan zat gizi pada tubuh.

Meningkatkan daya pikir
Manfaat lebih lanjut dari olahraga bela diri ini bisa mendukung daya pikir anak. Saat si kecil menggunakan tubuhnya untuk melakukan kuda-kuda silat, seketika itu juga tubuh melakukan pembakaran kalori secara maksimal. Hasil proses tersebut akan memberikan suplai energi dan oksigen yang melimpah dalam tubuh hingga ke otak. Dr. Mimi Johnson dalam lansirannya di Parenting mengatakan bahwa daya pikir anak pun bisa berjalan lebih maksimal karena ternutrisi secara tepat.

Tunggu apalagi, ajak si kecil pergi ke kelas silat yuk, Bu. Tak perlu tergesa-gesa, minimal si kecil bisa melihat dan tertarik dulu untuk mencobanya.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait