Simak 3 Tips Penting ini Sebelum Menyiapkan Bekal Piknik untuk Perjalanan!

Apakah Ibu dan keluarga merencanakan pergi berlibur sekeluarga? Agar keluarga Ibu selalu dalam kondisi sehat selama liburan, tentunya makanan yang dikonsumsi harus dijaga agar selalu memenuhi kebutuhan asupan gizi harian. Jika perjalanan dilakukan melalui jalan darat yang memakan waktu cukup panjang, Ibu sebaiknya menyiapkan bekal yang sehat dari rumah untuk disantap di perjalanan, seperti bekal piknik yang praktis, mudah dikemas dan mudah disantap dimana saja. Bahkan, Ayah dan Ibu bisa berhenti sejenak di perjalanan untuk menyantap bekal piknik keluarga yang dibawa layaknya sedang piknik sungguhan. Selain jadi pengalaman seru bagi si Kecil, Ibu dan keluarga jadi tak perlu berebut tempat di rest area yang seringkali penuh di musim-musim liburan. 

Mau menyiapkan bekal piknik untuk perjalanan mudik atau liburan keluarga? Yuk, simak dulu tips berikut ini.

  • Siapkan makanan yang tahan lama

Bahan makanan adalah faktor penting saat menyiapkan bekal piknik keluarga karena biasanya bekal piknik, baik untuk perjalanan atau memang untuk piknik saja, tidak akan langsung disantap. Untuk itu, Ibu perlu memilih menu yang menggunakan bahan-bahan yang tidak mudah basi. Beberapa bahan pangan yang dapat membuat makanan mudah basi jika tak segera disantap adalah susu, telur, tomat, kelapa, tauge, bayam, santan dan sebagainya. Makanan siap saji seperti bakso atau nugget buatan sendiri dan juga daging asap bisa jadi pilihan karena makanan-makanan ini sebenarnya sudah matang dan kemudian dimasak kembali.

Proses menyiapkan makanan juga penting diperhatikan agar bekal yang dibawa tidak cepat basi. Ibu sebaiknya menyiapkan bekal sedekat mungkin dengan waktu keberangkatan agar makanan masih segar saat dibawa. Pastikan pula semua makanan yang dibawa untuk bekal sudah benar-benar matang ya, Bu.

Satu hal lagi yang penting diperhatikan adalah Ibu perlu benar-benar mendinginkan makanan terlebih dahulu sebelum menutup kotak penyimpannya. Karena, jika tertahan di dalam kemasan tertutup, uap dari makanan yang masih panas bisa memancing munculnya jamur dan membuat bekal menjadi basi.

  • Pilih menu yang tepat

Gambar 1. Menu Bakpao sehat a la Sahabat Nestlé

Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam memilih menu untuk bekal perjalanan keluarga. Yang pertama adalah kandungan gizinya. Karbohidrat perlu ada dalam bekal sebagai sumber energi dan rasa kenyang yang lebih lama. Tentu perlu diimbangi dengan bahan makanan yang mengandung protein dan vitamin. Serat juga penting ada di dalam bekal perjalanan agar Ayah, Ibu dan si Kecil tidak mengalami sembelit selama liburan.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah memilih menu yang mudah disantap. Hindari membawa makanan berkuah, karena selain mudah basi tentu lebih repot untuk dikemas dan disantap di perjalanan. Beberapa pilihan makanan dengan gizi seimbang sebagai bekal yang mudah disantap di perjalanan adalah lemper isi daging, sate ayam atau daging (pastikan bumbu sate dipisah ya, bu), bakpao isi daging atau ayam, dan lain sebagainya. Bahan pangan lain yang mudah disantap di perjalanan adalah kentang, ubi, nugget, sosis, daging asap dan sebagainya. Jika ingin membawa buah, pilihlah buah yang mudah disantap seperti apel, pisang dan jeruk.

  • Kemas dengan baik

Satu lagi kunci dari menyiapkan bekal adalah menggunakan kemasan yang tepat. Jika Ibu membawa bekal nasi dan lauk pauk, gunakan kotak makan bersekat untuk memisahkan nasi dan setiap jenis lauk. Selain memudahkan saat makan, cara ini juga dapat menghindari makanan tercampur dan mudah basi. Siapkan satu kotak untuk setiap anggota keluarga ya, Bu. Jika Ibu memang perlu membawa makanan berkuah, pilih kemasan yang dapat menyimpan panas dan pastikan bisa tertutup rapat. Pisahkan pula kemasan buah potong dengan makanan lainnya. Pilih kotak yang penutupnya rapat agar air dari buah tidak tumpah kemana-mana.

Untuk minuman, termos adalah pilihan yang tepat untuk membawa minuman dingin atau pun panas. Selain itu, jika masih ada ruang di dalam mobil, membawa cool box bisa sangat membantu menjaga minuman tepat dingin dan buah-buahan yang dibawa tetap segar.

Tentunya, sebaiknya Ibu menepi dulu saat waktunya makan dan tidak makan berat saat mobil sedang bergerak. Nah, agar perjalanan liburan jadi makin seru, saat waktunya makan, usahakan memilih tempat yang nyaman untuk menepi ya, Bu. Seluruh keluarga dapat meregangkan tubuh sejenak sebelum kemudian ‘piknik’ menikmati bekal di dalam mobil. Atau, jika memang rute dan tempatnya memungkinkan, pilihlah tempat berhenti dimana Ibu dan keluarga bisa menggelar alas duduk bawa dan piknik sungguhan menikmati bekal di udara terbuka.

Share artikel ini:

Artikel Terkait