Solusi Cerdas Rumah Bebas Kuman

Rumah bebas kuman bukan hanya dilihat dari seberapa sering Anda membersihkan rumah saja lho. Hanya membiarkan satu persen jenis kuman di dekat Anda saja sudah mampu menimbulkan masalah kesehatan bagi keluarga. Mata berair, bersin, pilek, kulit gatal sampai reaksi alergi adalah beberapa masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh kuman.

Oleh karena itu, berikut ini adalah spot kuman yang ada di rumah dan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Kamar tidur

Tidak hanya Anda yang tertidur nyenyak, namun kuman juga tertidur nyenyak di kasur yang sama. Menghabiskan lebih dari delapan jam setiap hari di kamar tidur, maka kotoran dan debu dari kulit Anda akan menempel pada bantal, kasur dan guling. Selain itu, hangatnya suhu badan membuat tungau betah tinggal di sela-sela bantal.

Oleh sebab itu, Anda harus sering mencuci sprei, sarung bantal dan guling seminggu sekali secara berkala dengan suhu 60 derajat celcius (suhu untuk membuat tungau mati). Bagi Anda yang memiliki sprei dari bahan serat polister disarankan untuk merendam air panas ketika mencucinya karena mengandung tungau delapan kali lebih tinggi

Kamar mandi

Karena memiliki kelembapan yang tinggi membuat ruangan yang satu ini menjadi tempat paling nyaman bagi jamur untuk tumbuh. Terutama pada pojok kamar mandi dan keset. Untuk itu, bersihkan kamar mandi secara rutin seminggu sekali. Kamar mandi yang ideal adalah dapat terkena sinar matahari dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Dapur

Ruangan para ibu ini menduduki peringkat kedua sebagai sumber kuman di rumah. Tidak heran jika dapur dihinggapi banyak kuman karena beragam aktivitas mengolah, memasak serta mencuci dilakukan di sini. Belum lagi sampah bahan makanan yang menumpuk di dapur dapat menyebabkan bau busuk yang menyengat. Lalat, tikus dan kecoak pun bersarang di dapur.

Hmm, Anda harus ekstra peduli terhadap kebersihan dapur ya. Karena, perlu diingat jika makanan yang disajikan setiap hari berasal dari dapur. Selalu bersihkan dapur setiap selesai masak setiap hari. Cuci bak dan semua perabotan dapur dengan bersih setelah dipakai.

Ruang Tamu

Sofa adalah tempat kuman bersarang karena sofa diduduki oleh banyak orang yang sedang berkunjung. Belum lagi jika Anda memiliki hewan peliharaan yang suka bersantai di sekitar sofa. Jadi, rajinlah membersihkan sofa dengan vacum cleaner 2-3 hari sekali ya.

Kalau mengetahui spot kuman bersemayam, Anda jadi lebih mengerti lokasi mana yang menjadi tempat berkembangnya kuman. Jadi Anda bisa menjaganya selalu bersih. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait