Soto, Menu khas Indonesia yang Kaya Gizi

Apakah keluarga Ibu senang makan soto? Soto memang salah satu menu yang sering ditemui di meja makan keluarga Indonesia. Selain itu, banyak daerah di Indonesia yang mempunyai menu soto sebagai salah satu makanan khasnya. Soto-soto ini berbeda-beda nama, jenis dan bahan-bahan yang digunakan. Yang pasti, soto adalah hidangan yang kandungan nutrisinya bisa dibilang ‘all in one’ karena menggunakan berbagai bahan dalam proses pembuatannya. Yuk, kenali kandungan nutrisi yang terdapat dalam resep soto seperti pada Soto Seger khas kota Solo dan Soto Bandung berikut:

  1. Soto Seger

Soto Seger yang merupkan hidangan khas kota Solo isinya terdiri dari potongan daging sapi, taoge, daun seledri, irisan bawang yang kemudian disiram kuah bening dan perasan jeruk nipis. Soto seger biasanya dinikmati dengan nasi dan tambahan sate puyuh, tempe, bakwan dan sebagainya. Tanpa tambahan lauk lainnya, soto seger sudah mengandung nutrisi dari daging sapi yaitu protein, zat besi, seng, vitamin B6, vitamin B12, omega 3, niacin dan fosfor. Taoge yang ada di dalam soto seger juga ngandung zat besi, enzim yang baik bagi proses pencernaan, dan juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang membantu menjaga kesehatan mata dan membantu system imun tubuh. Nasi yang menyertai soto seger akan menyumbangkan jumlah asupan karbohidrat dalam gizi harian.

  1. Soto Bandung

Sesuai namanya, soto ini berasal dari kota Bandung. Jenis soto dengan kuah bening ini juga menggunakan potongan daging sapi, lobak, bawang putih, serai, jahe dan kacang kedelai yang digoreng. Bahan yang dipakai dalam soto seperti lobak mengandung karbohidrat, serat, vitamin C, folat, kalsium dan fosfor. Bahan tambahan yang digunakan dalam soto Bandung pun mempunyai manfaat tersendiri bagi tubuh. Seperti serai yang merupkan sumber vitamin A, vitamin C, asam folat, zat besi dan juga memiliki sifat antibakterial. Sementara jahe baik bagi sistem pencernaan dan penelitian yang dilakukan oleh Institute of Human Nutrition di Columbia University menyebutkan bahwa mengonsumsi jahe bisa membuat kenyang lebih lama. Kacang kedelai yang digunakan sebagai taburan mengandung isoflavon yang dapat membantu mengurangi LDL, atau kolesterol jahat.

Yuk hidangkan menu Soto Bandung untuk keluarga! Lihat resepnya lengkapnya di sini.

Bu, yuk sajikan soto yang lezat sekaligus bernutrisi sebagai menu makan siang atau makan malam di rumah. Soto apa sih, yang paling disukai keluarga Ibu? Share di kolom comment, ya

Ibu juga bisa temukan berbagai menu yang sehat dan bergizi lainnya di www.sahabatnestle.co.id

Share artikel ini:

Artikel Terkait