@shutterstock

Sst, Beras Ternyata Punya Banyak Saudara Lho

Pada umumnya masyarakat Indonesia mengonsumsi beras sebagai sumber karbohidrat utama. Tidak heran jika di manapun Anda berada, menemukan beras bukan hal yang sulit. Tahukah Anda jika beras memiliki banyak jenis seperti beras merah, beras coklat, beras hitam hingga beberapa jenis campuran beras. Lebih lengkap, berikut ini ulasan tentang masing-masing jenis beras dan kandungan gizinya dari contributor Nestle, Budi Utomo, S.Pd.

Beras putih
Ini dia makanan pokok warga Indonesia setiap harinya. Beras putih adalah beras yang digiling dan dihilangkan bekatul dan lapisan kulit arinya sehingga berwarna putih bersih. Rasanya pulen dan enak, namun memiliki gizi lebih rendah jika dibandingkan dengan beras cokelat atau beras merah. Setiap 100 gram beras putih mengandung energi 349kkal, 6.8 gram protein, 0.7 gram lemak, 78.8 gram karbohidrat, 10mg kalsium dan 140mg fosfor.

Beras merah
Warna merah pada beras ini berasal dari lapisan bekatul atau aleuron yang mengandung gen produsen antosianin yang memberikan sumber warna merah keunguan. Beras ini cocok dikonsumsi orang yang sedang menjalani diet. Setiap 100 gram beras merah mengandung energi 352kkal, protein 7.3 gram, lemak 0.9 gram, karbohidrat 76.2 gram, kalsium 15mg dan fosfor 257mg.

Beras Cokelat
Beras cokelat merupakan beras putih yang belum dilepas kulit ari dan bekatul yang melekat. Kulit ari dan bekatul ini kaya akan beragam vitamin, mineral dan serat lho. Beras cokelat memerlukan waktu memasak yang lebih lama dibandingkan beras putih. Setiap 100 gram beras cokelat mengandung 77.2 gram karbohidrat, 2.8 gram lemak, 7.9 gram protein, kalsium 23mg, zat besi 1.4mg, vitamin B3 5mg dan serat 3.5 gram.

Beras Hitam
Beras ini termasuk jenis beras yang langka. Warna hitam didapat dari kandungan aleuron dan endospermia yang memproduksi antosianin dengan intensitas yang tinggi. Beras ini biasanya dijadikan bahan baku kue dan diolah menjadi tepung. Setiap 100 gram beras hitam mengandung 76.9 gram karbohidrat, 8.5 gram protein, 0.1 miligram zat besi, 6 miligram kalsium, 1.3 gram lemak, serta 20.1 gram serat.

Beras campuran
Di pasaran terkadang juga dijual beras dalam kemasan yang mencampurkan berbagai macam beras seperti beras merah, beras putih dan beras hitam. Mengonsumsi beras campuran dinilai lebih tinggi dan beragam kandungan nutrisi di dalamnya dibandingkan dengan beras satu warna. Jadi, dengan mengonsumsi beras campuran nutrisi yang Anda dapatkan bisa lebih lengkap.

Jika setiap hari memakan nasi putih terus, pasti bosan kan? Yuk, coba beragam beras yang lain agar Anda dan keluarga juga bisa mendapatkan nutrisi yang lengkap. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait