vote

Tak Hanya untuk Diri Sendiri, Saatnya Membuat Resolusi Tahun Baru untuk Keluarga Tercinta

Sepanjang tahun 2015 lalu pasti kegiatan Ibu telah terisi dengan momen-momen menyenangkan bersama keluarga. Yuk tambah lagi keseruan bersama keluarga tercinta dengan membuat resolusi tahun baru 2016.

  • Rate Artikel ini

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menambah keseruan bersama keluarga di tahun baru 2016 ini adalah dengan membuat resolusi. Bukan hanya membuat resolusi untuk diri sendiri, Anda juga bisa membuat resolusi tahun baru yang dapat diterapkan pada keluarga.

Ketika membuat resolusi keluarga ini, pastikan seluruh anggota keluarga mengetahuinya dan sepakat untuk sama-sama menjalankannya sehingga akan terasa lebih menyenangkan sebagai salah satu gaya hidup sehat. Berikut beberapa contoh resolusi tahun baru yang dapat diterapkan pada keluarga Anda:

 

1. Makan Malam Bersama

Macet, pekerjaan kantor yang menumpuk, dan segudang kesibukan lainnya seringkali membuat momen makan malam sekeluarga tidak dapat dilakukan. Padahal ini adalah salah satu saat yang pas untuk meningkatkan kedekatan antar anggota keluarga. Buat kesepakatan dalam seminggu sekali, semua anggota keluarga harus makan malam bersama. Beri pengecualian hanya untuk saat mendesak dan terpaksa.

 

 

2. Ciptakan Rutinitas Baru

Selalu ada hal baru yang bisa dilakukan setiap harinya dan tetap menyenangkan seperti, menari hip hop bersama selepas bangun tidur di pagi hari, membagi pekerjaan rumah setiap harinya, piknik, nonton di bioskop atau berolahraga bersama di car free day saat akhir pekan.

 

 

3. No Gadget Day

Saat berkumpul bersama keluarga, usahakan untuk tidak menghanyutkan diri dengan gadget. Jadikan hal ini sebagai sarana untuk mempererat momen bersama keluarga. 

 

 

Baca Juga : Cara Seru Bersama Keluarga Rayakan Malam Tahun Baru

 

 

4. Sharing Session

 

Keterbatasan waktu yang dimiliki karena kesibukan pekerjaan bukan menjadi alasan untuk tidak mencari tahu apa yang sedang dialami anak-anak. Sediakan waktu satu jam setiap minggunya sebagai waktunya curhat, misalnya sebelum tidur. Dengarkan semua cerita anak-anak dan berikan masukan jika mereka membutuhkan.

 

 

5. Saling Memberi Dukungan


Baik anak maupun orang tua, perlu menerapkan kebiasaan untuk saling memuji dan mendukung. Orang tua perlu menerapkan hal ini terlebih dahulu kepada anak, dukung mereka dalam segala kondisi yang dilaluinya, dengan itu secara tak langsung anak akan meniru hal positif yang dilakukan orangtuanya.

 

 

6. Tukar Amarah dengan Pelukan


Ketika merasa ingin memarahi anak Anda, hindari emosi dengan mengambil napas dalam-dalam dan berikan mereka pelukan. Kemudian sampaikan teguran yang tenang. Hal tersebut akan mengajarkan mengenai manajemen emosi yang merupakan salah satu bentuk gaya hidup sehat dan menunjukkan rasa cinta yang lebih untuk anak-anak.

 

 

7. Liburan Keluarga

 

Saat libur semester, ajak anak-anak untuk liburan bersama keluarga. Minta mereka menentukan tempat yang ingin dikunjungi atau kegiatan yang ingin dilakukan agar anak-anak merasa puas menikmati liburan kali ini.

 

Resolusi keluarga seperti apa yang Anda terapkan di 2016 ini? Share, yuk!

Artikel Terkait

Terbaru