Tak Ingin Gemuk, Ini Yang Harus Dilakukan Saat Menurunkan Berat Badan

Kita sering mendengar teman atau kolega mengeluhkan dirinya tak kunjung sukses menurunkan berat badan dan terus-menerus menceritakan mengapa dirinya tidak bisa langsing atau tetap gemuk. Sebuah survei yang dilakukan di Amerika baru-baru ini menunjukkan bahwa hanya 50% orang yang menyadari jika dirinya kelebihan berat badan dan melakukan aksi nyata untuk mengubahnya.

Dirangkum situs survei Gallup, ditemukan 1 dari 3 orang dewasa di Amerika Serikat memiliki bobot 9 kg lebih berat dari bobot idealnya. Dari angka tersebut, 90 persen menganggapnya sebagai masalah dan punya keinginan untuk mengurangi berat badannya.

Sayangnya hanya 48% yang serius melakukan perubahan dan sisanya hanya diam saja dan terus mengeluh. Survei ini juga menunjukkan adanya penurunan keinginan orang yang ingin menurunkan berat badan sebagai salah satu target kesehatannya.

 

Baca juga: Olahraga Jauhkan Stress

 

Kegemukan jika dibiarkan akan berisiko menjadi obesitas dan hal tersebut berarti peningkatan risiko kematian akibat berbagai jenis penyakit seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, serta komplikasi diabetes melitus tipe 2.

Menurunkan berat badan bisa terealisasi jika seseorang menjaga pola makan dan ditunjang dengan olahraga yang teratur. Ketimbang mengeluhkan bobot badan yang tak kunjung turun, usaha konkret yang bisa dilakukan adalah mengatur asupan makan.

Penulis buku The Flexitarian Diet, Dawn Jackson Blatner, RD, mengatakan hal simpel menurunkan berat badan bisa dilakukan sehari-hari tanpa harus mengeluh. Di antaranya adalah makan sayur segar agar kenyang, banyak minum air putih, menyingkirkan camilan tak sehat di rumah atau tempat kerja, dan tetap sibuk (karena jika santai, orang akan terdorong untuk ngemil).

Pola makan yang teratur akan semakin terasa manfaatnya jika tubuh aktif bergerak dengan berolahraga. Kesibukan apapun jika meluangkan waktu setidaknya 30 menit berlari di atas treadmill ditunjang latihan beban setiap harinya akan mendatangkan perubahan yang signifikan

Share artikel ini:

Artikel Terkait