@shutterstock

Tanaman Herbal dan Khasiatnya Bagi Kesehatan Perut

Di bangku sekolah dulu, pasti Anda pernah belajar menanam tanaman toga di depan kelas. Saat ini, toga lebih dikenal sebagai tanaman herbal yang berkhasiat menyembuhkan beraneka macam penyakit. Bahkan beberapa memiliki khasiat tersendiri bagi perut Anda yang terkadang suka tiba-tiba sakit dan kram. Mau tahu apa saja tanaman tersebut? Cek di sini ya.  

Jahe
Mulai dari jaman nenek moyang dulu, jahe sudah dikenal ampuh untuk meredakan berbagai masalah perut. Menurut praktisi kesehatan, Jean Bardot, jahe bisa membantu menyembuhkan mual dan muntah-muntah. Anda bisa merasakan manfaat hebatnya dengan meletakkan potongan jahe mentah ke dalam teh herbal yang masih hangat. Kalau bosan, manisan jahe atau permen jahe juga boleh lho dikonsumsi, asal jangan banyak-banyak ya.

Mint
Siapa yang tidak kenal tanaman ini? Baunya yang khas membuat banyak produsen permen karet memanfaatkannya untuk produk mereka. Jika Anda mencampurkan mint ke dalam teh atau air maka semua masalah perut bisa terselesaikan.

Secara umum, ada 3 jenis mint yang sering digunakan untuk mengatasi masalah perut. Yang pertama adalah peppermint. Jenis yang satu ini banyak dimanfaatkan sebagai campuran teh atau lemon hangat. Rasanya memang menyegarkan dan aromanya membuat pikiran tenang.

Jenis kedua adalah spearmint. Mint yang satu ini dapat meredakan sakit tenggorokan, mengatasi mual, dan mengurangi gangguan pencernaan. Yang terakhir adalah basil. Orang-orang memanfaatkan jenis mint yang ini untuk mengatasi kram perut.

Teh hijau
Teh hijau mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi kembung dan gas di perut. University of Maryland mencatat bahwa green tea juga ampuh untuk mengatasi rasa sakit dan kembung terkait gangguan kantung empedu. Selain itu, dengan mengonsumsi teh hijau, stress di pikiran akan berkurang dan badan terasa lebih relaks.

Alam memberikan obat alami untuk membantu para penghuninya menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mari dijaga dan dilestarikan yuk, agar nanti tanaman herbal yang penuh manfaat ini bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait