Tanda Gula Darah Tak Normal Pada Si Kecil

Gula memang sumber energi bagi tubuh manusia. Namun, kadar gula yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat mengakibatkan kesehatan tubuh terganggu. Bagi anak-anak, kadar gula normalnya dalah 70-150mg/dl. Jika kadar gulanya lebih tinggi dari 150mg/dl atau lebih rendah dari 70mg/dl, si kecil mungkin menunjukkan tanda-tanda pada tubuhnya.

Agar masalah ini dapat segera diatasi, kenali tanda-tanda anak memiliki kadar gula yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dari sekarang. Lebih lengkap simak ulasan Rae Uddin, praktisi Biomedik dari Amerika berikut ini.

Tanda-tanda gula darah tinggi

Ketika kadar gula darah si kecil tinggi, maka sel-sel tubuhnya tidak dapat berfungsi dengan normal. Hal ini mengakibatkan si kecil sering buang air kecil dan haus yang berlebihan. Sebagian anak-anak juga memiliki gejala nafsu makan yang besar, namun selalu muntah dan berat badan turun.

Ada juga anak yang merasakan luar biasa lelah dan lemah padahal tidak melakukan aktivitas yang berat. Tanda-tanda kadar gula darah tinggi ini dapat berkembang secara progresif dan sulit untuk dideteksi. Oleh karena itu, rajin cek kadar gula si kecil dan konsultasikan pada dokter.

Tanda-tanda kadar gula rendah

Ketika kadar gula si kecil jatuh, dia mungkin terlihat sangat pucat, gemetar dan berkeringat. Selain itu, anak juga tampak gugup, bingung, mudah mengantuk dan memiliki kesulitan berbicara koheren. Anak dengan kadar gula rendah juga mengalami kesulitan tidur, biasanya terbangun pada malam hari dengan piama yang berkeringat seperti telah mengalami mimpi buruk. Segera hubungi dokter jika hal ini terjadi pada si kecil ya.

Komplikasi medis

Tanpa penanganan medis yang tepat dan cepat, kadar gula tinggi atau rendah dapat menyebabkan komplikasi medis yang parah pada anak-anak. Kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol menyebabkan kondisi yang disebut ketoasidosi, yaitu gejala yang menyerupai flu.

Anak Anda mungkin tampak bingung, mudah muntah, kehilangan kesadaran atau bahkan kematian. Oleh karena itu, pastikan anak mendapatkan perawatan medis yang dibutuhkannya untuk mengatasi tekanan gula darah yang tidak normal.

Kadar gula darah pada anak bukan hal yang patut untuk dikesampingkan. Jadi, sebagai orang tua Anda harus selalu memberikan perhatian lebih pada kadar gula si kecil. Menjaga lebih baik daripada mengobati, bukan? Semoga informasi ini bermanfaat untuk keluarga tersayang Anda.

Share artikel ini:

Artikel Terkait