©shutterstock

Tepat Memanggang Sate Matang Merata

Indonesia punya banyak kuliner lezat yang mengundang untuk dicoba. Sate salah satunya. Makanan yang satu ini terbuat dari daging yang dipotong dadu kemudian diberi bumbu dan dibakar hingga kecokelatan. Biasanya disajikan dengan saus kacang, potongan bawang merah, dan cabe giling.

Sate bisa disantap kapan saja karena ada banyak penjualnya. Namun kalau ingin bikin sendiri juga bisa. Anda tinggal membeli bahannya lalu membakar sate di atas arang yang menyala panas. Caranya memang gampang tapi hati-hati saat membakarnya. Pastikan sate matang merata supaya rasanya makin enak dan nutrisi dalam dagingnya tidak berubah. Berikut trik membakar sate yang tepat, simak yuk!

Hilangkan lemaknya

Semua bagian daging bisa diolah menjadi sate, termasuk lemaknya. Namun lebih baik hilangkan saja bagian ini. Selain tidak bagus untuk yang punya kolesterol tinggi, lemak daging juga membuat kematangan sate terganggu. Bara yang panas akan membuat lelehan lemak daging membasahi yang lainnya sehingga gampang gosong. Oleh karena itu tinggalkan saja bagian ini dan ganti dengan potongan paprika agar rasanya tambah yahut.

Nyalakan Api Dulu

Sebelum meletakkan sate di tempat pembakaran, nyalakan dulu apinya. Kipas-kipas supaya api membakar semua arang hingga suhunya meninggi. Kalau sudah berhenti berkobar, baru tata sate di atasnya dan kipas-kipas sambil dibalik sesekali. Jaga api tetap konstan, jangan kekecilan supaya sate bisa matang sampai ke dalam-dalamnya. Jangan terlalu besar agar daging tidak hangus.

Oleskan Bumbu

Sambil dikipas-kipas, oleskan bumbu agar daging sate tidak kering. Setelah merata, balik sate dan oleskan lagi sampai semua daging sate terbalut. Ulangi proses ini hingga 2 kali agar sate matang merata dan daging terasa lebih gurih.

Mudah bukan? Sate yang matang merata rasanya lebih lezat lho. Apalagi jika disandingkan dengan lontong dan saus kacang pedas. Varian sate yang paling terkenal adalah Sate Madura. Kalau dibandingkan dengan daerah lain, Sate Madura seperti punya bumbu rahasia yang membuat orang selalu ingin mencicipinya. Wah, Anda mau juga? Yuk bikin sendiri, Bu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait