@shutterstock

Ternyata Perangkat Masak Banyak Macamnya Lho

Kini tersedia berbagai macam peralatan masak yang semakin canggih. Tidak hanya dari desain peralatannya saja, bahan yang digunakan juga semakin bervariasi. Kontributor Nestle Reinhart Poli, mengatakan peralatan masak harusnya terbuat dari bahan yang aman. Oleh karena itu, berikut ini adalah ulasan tentang beragam peralatan masak dilihat dari bahan yang digunakan. Selamat menyimak ya.

Stainless steel
Bahan stainless steel ini merupakan bahan peralatan masak yang banyak digemari oleh para ibu. Selain tahan gores dan awet, harga stainless steel ini sangat terjangkau dan ekonomis. Sayangnya, perkakas ini memiliki penghantar panas rendah sehingga hidangan jadi mudah gosong dan panas tidak merata. Lebih baik, pilihlah panci stainless steel dengan kombinasi lapisan tembaga atau alumunium di dalamnya.

Alumunium
Jenis metal ini menjadi favorit para ibu karena dapat menyebar panas dengan baik. Jadi, masakan dapat matang merata dan tidak mudah gosong. Namun, makanan yang dimasak menggunakan panci alumunium rentan berubah warnanya misalnya saja seperti telur, tomat, sayuran hijau dan anggur. Lebih baik, jika menggunakan panci alumunium pilih yang berbahan tebal dan membersihkannya jangan menggunakan sabun yang kuat dan meninggalkan goresan.

Tembaga
Perlengkapan masak berbahan tembaga memiliki kualitas yang baik, tidak heran jika harganya sedikit mahal. Namun, sebaiknya pilihlah peralatan masak tembaga yang dilapisi metal anti noda seperti stainless steel. Sebab, tembaga dapat merusak bahan hidangan yang dimasak khususnya hidangan dengan kandungan asam tinggi.

Kaca
Peralatan masak berbahan kaca sering digunakan untuk memasak di dalam microwave karena dapat bertahan dalam temperatur yang tinggi. Namun, perlu dicatat jika perangkat ini bukan penghantar panas yang baik sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk hidangan matang. Terlebih lagi, jika tidak digunakan sesuai prosedur perangkat ini mudah retak.

Bagi para ibu sebaiknya lebih selektif dalam memilih peralatan masak yang aman bagi keluarga. Ada baiknya sebelum membeli berkonsultasi dahulu bagaimana cara penggunaan perangkat tersebut dengan aman. Semoga bermanfaat ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait