@shutterstock

Tetap Aman Saat Olahraga

Olahraga memang sangat dianjurkan untuk si kecil karena dapat menjaganya tetap sehat dan bugar. Namun, jangan asal memberi si kecil izin untuk berolahraga ya. Sesuai yang disampaikan Dr. Handrawan Nadesul, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika si kecil akan berolahraga. Simak baik-baik ya.

Kondisi kesehatan si kecil

Pastikan si kecil dalam keadaan tubuh yang fit saat akan berolahraga. Selain itu, jangan biarkan si kecil berolahraga dalam keadaan perut kosong. Sarapan menjadi hal penting yang tidak boleh ditinggalkan jika ingin anak selalu sehat saat berolahraga. Berikan penjelasan pada si kecil jika saat berolahraga merasa pusing, lelah atau penglihatan gelap minta untuk segera menghentikan kegiatannya.

Pentingnya teknik berolahraga

Biasakan si kecil melakukan pemanasan dan peregangan sebelum memulai olahraga agar tidak terjadi kram ditengah aktivitasnya. Selain itu, ajarkan teknik berlari, melompat dan mempergunakan alat olahraga yang tepat agar tidak terjadi cedera.

Waspada dengan tempat olahraga

Olahraga semestinya dilakukan di tempat yang sesuai dan pastinya aman. Lantai olahraga tidak boleh licin atau basah karena rentan membuat anak terpeleset dan jatuh. Selain itu, lapangan berumput juga harus bebas dari benda tajam seperti paku, ranting berduri atau kaca. Pastikan juga pohon tempat anak berolahraga bebas dari ancaman terjatuh atau hewan yang berbahaya.

Anda memang tidak bisa selalu menemani si kecil saat berolahraga, apalagi jika di sekolah dan klub sepak bola si kecil. Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama dari pihak orang tua, guru olahraga, pelatih dan sekolah untuk ikut menjaga keamanan si kecil saat berolahraga. Semoga bermanfaat ya.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait