©shutterstock

Tetap Fit Selama Diet dengan Buah Kering

Hampir sebagian orang ingin memiliki tubuh sehat dan langsing. Tak heran kalau banyak yang melakukan diet demi mewujudkannya. Bisa dibilang menu diet itu bermacam-macam. Mulai dari sayuran buah segar, yoghurt, hingga buah kering. Nah, kalau Anda ingin ngemil saat diet bawa saja buah kering. Lebih praktis dan bisa dinikmati kapan saja.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutrition Research edisi Juni 2011, buah kering selalu dikaitkan dengan penurunan berat badan dan makanan kaya gizi. Varian menu diet ini juga mampu mencukupi kebutuhan serat dan vitamin, sama seperti saat mengonsumsi buah segar. Namun perhatikan dulu ya kemasannya karena sebagian kecil memiliki kandungan kalori yang lebih banyak daripada buah segar.

Semangkuk buah kering bisa membantu mengontrol nafsu makan. Pas sekali disantap saat sarapan bersama oatmeal atau ditambahkan dalam plain yoghurt. Sampai saat ini, ada beberapa macam buah kering yang bisa ditemui di pasaran dan juga berkhasiat membantu menurunkan berat badan. Apa saja ya itu?

Cherry

Buah mungil ini sering disebut sebagai “Superfruit Antioksidan” karena penuh sesak dengan antioksidan di dalamnya. Rasanya yang manis dan sedikit  asam akan membantu mencukupi kebutuhan mineral harian seperti serat, beta-karoten, dan asam folat di dalam tubuh Anda.

Blueberry

Keluarga buah berry memang menyimpan segudang manfaat hebat untuk kesehatan. Salah satunya adalah blueberry. Buah ini mengandung vitamin A, E, dan B dalam jumlah yang sangat tinggi sehingga membantu meningkatkan kinerja saraf dan menjaga kesehatannya.

Kismis

Biasanya kismis digunakan sebagai toping kue tradisional atau oatmeal. Namun siapa sangka, di balik bentuknya yang mini dan rasanya yang legit, kismis memberikan energi yang lumayan banyak dan meningkatkan kinerja atletik. Seperti yang diungkapkan oleh Journal of International Society of Sports Nutrition edisi Juni 2012.

Sayangnya buaha-buah kering ini biasanya telah ditambahkan gula sehingga rasa manisnya tidak asli lagi. Oleh karena itu, ketika belanja, perhatikan dulu label nutrisi pada kemasan, atau Anda juga bisa memilih buah kering yang organik sehingga tidak memberikan efek samping terhadap kesehatan. Selamat mencoba ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait