Tiada Hari Tanpa Si Hijau

Menurut Centers of Disease Control atau Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat, untuk menjaga kesehatan, setiap orang di rumah Anda harus mengkonsumsi 3 sampai 5 macam sayuran dalam 1 hari. Masalahnya, mendorong anak untuk memakan sayur bukan urusan mudah. Anda perlu kreatif mengenalkan sayuran kepada anak. Cobalah ajak anak-anak ke bagian sayuran di pasar swalayan. Biarkan anak Anda memilih menu sayuran setiap hari dalam seminggu. Kenalkan dengan sayuran baru setiap minggu dan sajikan dengan kreatif.

Di bawah ini ada contoh sayuran yang lain dari biasanya, yang mungkin beberapa di antaranya baru Anda kenal, berikut cara mengolahnya.

Fennel
Biasanya digunakan sebagai salad, dengan diiris tipis, dan dimakan dengan lemon dressing.

Kapri Manis
Bentuknya seperti kapri biasa, hanya agak besar, lebih garing, dan "badannya" berpipa atau kopong bagian dalamnya. Biasanya digunakan untuk salad, tumisan, dan bisa juga untuk lalapan.

Globe artichokes atau fresh artichoke.
Cara menggunakannya potong bagian atas, dan masak dalam panci berisi 3,5 cm air mendidih yang dimasak dengan api sedang, berikan garam dan ditutup, teruskan memasak selama 40 menit.

Kailan
Bagian yang biasa diambil adalah bagian batang, bagian daun tidak dipakai karena rasanya pahit.

Brussel sprout
Sejenis kol, hanya bentuknya sangat mini, warnanya lebih hijau dari kol. Biasa dipakai untuk tumisan dan sup.

Asparagus
Biasanya sebelum dimasak, kulit luar hingga ujung bawahnya dibuang. Rebus dalam air mendidih selama 5–7 menit. Sayuran ini fleksibel sekali, bisa untuk sup, salad, dan tumisan.

Bit
Buang bagian atas, cuci bersih, bungkus dalam aluminium foil, dan panggang1800C selama 1 jam. Kupas kulit dan sajikan, bisa dengan diiris atau potong dadu. Biasa disajikan dalam salad, jus.

Alpukat
Kupas kulitnya. Alpukat bisa langsung dimakan dengan perasan jeruk nipis dan ditaburi sedikit garam, juga bisa dibuat jus, dan salad.

(PT. Nestlé Indonesia bekerja sama dengan Majalah Parents Indonesia)

Share artikel ini:

Artikel Terkait