Tingkatkan Konsumsi Buah untuk Diet & Mencegah Obesitas

Tentunya setiap wanita pasti ingin memiliki berat badan dan bentuk tubuh yang ideal, oleh karena itu obesitas menjadi hal yang paling menakutkan bagi wanita. Selain dapat mengurangi kepercayaan diri Ibu, ternyata obesitas juga menjadi pintu masuk bagi penyakit yang membahayakan, seperti darah tinggi, serangan jantung dan diabetes.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah obesitas adalah dengan rutin mengonsumsi buah setiap hari. Selain dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, mengonsumsi buah untuk diet juga ternyata dapat menurunkan risiko obesitas, dengan manfaat kebaikan gizi di dalamnya.

Menurut Jennifer Foltz, M.D., ahli kesehatan anak dari University of Rochester Medical Center, rutin mengonsumsi buah adalah salah satu dari empat cara terbaik mencegah obesitas, yakni diantaranya menghabiskan waktu kurang dari dua jam di depan TV dan komputer, setidaknya satu jam berolahraga dan tidak mengonsumsi minuman yang mengandung gula dan pemanis buatan.

Obesitas terjadi karena metabolisme tubuh yang terganggu. Agar metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lancar, maka diperlukan zat-zat gizi, seperti vitamin dan mineral, zinc, magnesium, kalsium, dan kalium yang membantu menyeimbangkan sistem tubuh yang bekerja.

Buah untuk diet dikenal memiliki kandungan vitamin dan serat yang tinggi. Seperti yang diketahui, serat sangat bermanfaat untuk kesehatan percernaan dan juga untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat, akan membuat tubuh Ibu merasa lebih kenyang lebih lama, sehingga mencegah keinginan Ibu untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan kalori yang tinggi secara berlebihan.

Tak hanya itu, serat juga dapat mencegah penyakit diabetes yang erat kaitannya dengan obesitas. Serat membantu menjaga kadar gula darah agar tidak melonjak drastis sehabis makan. Tak hanya mengandung vitamin dan mineral, buah juga memiliki kandungan tinggi flavonoid yang dapat mencegah kenaikan badan berlebih.

Flavonoid merupakan senyawa tanaman yang ditemukan dalam buah-buahan seperti apel, pir, dan stroberi. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan karena mampu mencegah kerusakan sel. Selain itu flavonoid juga dapat membantu melunturkan lemak dengan memecah gula sehingga asupan gula berlebih tidak mengendap di dalam tubuh. Untuk keterangan lebih lengkapnya bisa dilihat di sini.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Louisiana State University, menemukan bahwa mengonsumsi buah untuk diet yang kaya akan kandungan flavonoid, contohnya seperti buah pir dan apel, maka 35% akan terjauhkan dari risiko obesitas. Tak hanya itu saja, ternyata buah pir juga bebas dari kandungan lemak, kolesterol dan sodium yang dikenal sebagai penyebab naiknya berat badan secara drastis.

Sebagai bagian dari diet rendah sehat lemak, gula dan natrium, organisasi kesehatan dunia, WHO pun menyarankan untuk mengkonsumsi lebih dari 400 gram buah dan sayuran per hari untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan mengurangi risiko obesitas.

Share artikel ini:

Artikel Terkait