@shutterstock

Tips Agar Alas Wajan Tidak Mudah Hitam

Peralatan dapur memang rentan mengalami banyak masalah. Entah itu gosong, menghitam, atau bahkan berkerak. Apalagi kalau sering dipakai di atas kompor. Tidak butuh waktu lama, pasti alasnya mudah sekali berubah warna.

Wajan adalah salah satu yang butuh perhatian khusus. Alasnya yang menghitam bisa merusak tampilan wajan jadi tidak bagus, bahkan cenderung berminyak saat dicuci. Wah.. bagaimana ya cara mengatasinya? Yuk simak tips berikut ini!

Pakai Baking Soda

Baking soda dikenal sebagai bahan dapur yang serba guna. Selain membuat noda di baju hilang sempurna, baking soda juga bagus untuk mengatasi alas wajan yang gosong. Campurkan baking soda dengan air hangat lalu aduk hingga berubah menjadi pasta. Oleskan ke bagian alas wajan dan diamkan selama 10 menit. Kalau sudah, gosok menggunakan bagian spons cuci piring yang kasar, baru bilas dengan air mengalir. Cara ini akan membuat alas wajan stainless  steel Anda jadi mulus kembali.

Cuka

Sama seperti baking soda, bahan dapur yang satu ini juga memiliki khasiat unik. Campurkan secangkir cuka putih dengan beberapa sendok baking soda. Tuangkan ke bagian wajan yang gosong lalu beri sedikit air. Gunakan permukaan spons yang kasar untuk menggosoknya supaya kerak hilang dan alas kembali cerah.

Saus Tomat

Di balik rasanya yang menggoyang lidah, saus tomat ternyata juga bisa mengusir noda gosong di alas wajan. Cukup oleskan saus tomat ke alas wajan dan tunggu selam 10 menit. Setelah itu, gosok dengan spons atau kain kasa yang biasa dipakai untuk cuci piring. Hati-hati ya, jangan sampai tergores karena bisa membuat noda gosong semakin menjadi. Kalau sudah bersih, bilas dan cuci lagi menggunakan sabun cuci piring agar tidak ada lagi kotoran serta sisa saus tomat yang menempel.

Mudah bukan? Untuk mencegah wajan kembali gosong, saat memasak usahakan apinya biru dan wajan dalam kondisi benar-benar kering. Selamat mencoba ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait