Tips Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Banyak orang yang berharap berat badannya akan turun setelah menjalani puasa selama sebulan penuh. Tetapi, kenyataannya ternyata tak sedikit pula yang berat badannya justru bertambah di bulan puasa seperti sekarang ini. Umumnya hal ini terjadi akibat makan yang seakan ‘balas dendam’ saat berbuka puasa. Menurunkan berat badan saat puasa bukan tak mungkin dilakukan kok Bu. Berikut ini adalah beberapa tips cara menurunkan berat badan saat puasa yang dapat Ibu coba.

  • Minum air dalam jumlah yang cukup

Pada saat kita tidak berpuasa saja kita perlu selalu minum air yang cukup untuk mendukung metabolisme tubuh. Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menyebutkan bahwa konsumsi air putih dapat meningkatkan proses metabolisme sampai dengan 30 persen, yang berarti meningkatnya pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh. Jika Ibu sedang berpuasa, pastikan hal ini tetap Ibu lakukan, minum air paling tidak 8 gelas sehari. Bagaimana sebaiknya agar konsumsi air cukup selama berpuasa? Ibu dapat minum 2 gelas air saat sahur, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas setelah tarawih dan 2 gelas lagi sebelum tidur. 

Terkadang kita cenderung merasakan lapar padahal yang kita butuhkan sebenarnya adalah cairan, sehingga saat terus menambah porsi makanan rasa kenyang tidak kunjung datang. Untuk menghindari kelebihan porsi makan seperti ini, dianjurkan untuk minum cukup air terlebih dahulu dan kemudian mulai untuk makan beberapa menit setelah itu.

 

  • Menjaga Porsi Makan Saat Berbuka

Berbuka secukupnya dengan menu yang tepat merupakan cara menurunkan berat badan saat puasa yang paling mudah dilakukan kok, Bu. Setelah menahan lapar dan haus seharian, memang kita cenderung untuk ‘balas dendam’ dan makan dalam porsi yang besar saat berbuka. Padahal, makan dengan porsi yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah secara tiba-tiba yang akan diubah menjadi lemak oleh tubuh. Ibu dapat menyiasatinya dengan membeli menu bukaan dalam porsi yang cukup dan ingat bahwa dorongan untuk membeli berbagai macam makanan saat puasa biasanya hanya lapar mata saja.

 

  • Berbuka dengan menu yang sehat

Memang kita dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis untuk mengembalikan energi. Tetapi jangan sampai berlebihan juga ya, Bu. Karena, seperti yang sudah disebutkan di atas, jika tubuh mendapat asupan gula dalam jumlah yang banyak secara tiba-tiba, tubuh yang seharusnya mengubah gula menjadi energi malah dapat mengubahnya menjadi lemak. Apalagi jika setelah berbuka Ibu tak melakukan banyak aktivitas yang akan menggunakan banyak energi. Pilihlah sumber gula yang alami seperti buah, khususnya buah kurma. Ibu juga bisa menyantap karbohidrat kompleks untuk menambah energi setelah berbuka. Satu lagi yang sebaiknya dihindari ketika berbuka adalah menyantap menu gorengan yang sarat lemak jenuh.

 

  • Makan sahur dengan menu yang sehat

Pastikan Ibu menyertakan serat dan protein dalam menu sahur keluarga. Sebabnya, serat dapat diserap oleh tubuh dalam jangka wantu yang lebih panjang sehingga menghadirkan rasa kenyang yang lebih lama pula. Selain itu, makanan tinggi serat dan lemak dapat membantu menurunkan nafsu makan sehingga kita tidak makan berlebihan saat berbuka puasa. Perlu diingat pula untuk menu sahur sebaiknya ibu juga menghindari menyantap menu yang digoreng dan kaya lemak jenuh ya.

 

  • Tetap Berolahraga

Tubuh menghasilkan energi dengan membakar glukosa dalam tubuh. Ketika kita berpuasa, tubuh tak mendapat asupan glukosa untuk jangka waktu yang cukup panjang. Sebagai gantinya, tubuh akan mencari sumber energi lainnya, yaitu cadangan lemak. Nah, jika kita berolahraga maka tubuh akan membakar kelebihan lemak di dalam tubuh. Tentunya, olahraga saat puasa untuk menurunkan berat bedan juga perlu dilakukan dengan memperhatikan berbagai hal agar manfaat yang didapat dari olahraga tersebut menjadi optimal dan tidak mengganggu puasa Ibu. Diantaranya adalah dengan memilih olahraga dengan intensitas rendah dan melakukannya pada waktu yang tepat.

 

  • Tidur yang cukup

Kurang tidur saat puasa ternyata dapat mengacaukan metabolisme tubuh dan berakibat tubuh tidak membakar cadangan lemak secara efektif. Karenanya, pastikan Ibu tidur cukup selama berpuasa, ya.

Nah, dengan menerapkan tips di atas ini, bukan hanya Ibu dapat menurunkan berat badan saat puasa, tetapi Ibu juga dapat menjaga tubuh seluruh anggota tetap sehat dan fit selama berpuasa.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait