@shutterstock

Tips Kurangi Gula Dalam Cheesecake

Siapa sih yang tidak suka kudapan satu ini? Cake memiilki banyak sekali penggemar dari berbagai kalangan. Rasanya yang manis dan bentuknya yang beraneka ragam gampang sekali membuat Anda jatuh cinta dengannya. Cheesecake termasuk dalam cake dengan banyak sekali penggemar. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang menggigit di mulut akan membuat Anda ingin merasakannya lagi dan lagi.

Sayangnya, resep cheesecake biasanya menggunakan banyak campuran bahan manis seperti gula, krim, krim cheese dan susu. Jika tidak disiasati bahan-bahan manis itu akan membuat gula darah melompat dan mengalami gangguan insulin, terutama bagi Anda yang memiliki diabetes.

Satu potong cheesecake yang banyak di jual di toko kue bisa mengandung 20 gram karbohidrat, 17 gram di antaranya adalah gula. Hal ini membuat penderita diabetes atau siapapun yang peduli untuk menurunkan berat badan membuat cheesecake olahan toko roti menjadi terlarang. Lebih baik buat saja cheesecake sendiri. Anda bisa menakar berapa banyak gula yang masuk, atau menggunakan bahan pengganti gula sebagai pemanis cheesecake dan tentu saja, Anda bisa menghiasnya sesuka hati.

Ada banyak bahan pemanis yang bisa digunakan sebagai pengganti gula, seperti ekstrak vanili, kayu manis, sirup maple dan lainnya. Tapi, ada juga lho bahan pemanis pengganti gula yang memang khusus disediakan untuk olahan kue. Seperti berikut ini :

Xylitol
Xylitol adalah bahan kimia organik yang biasa digunakan sebagai pengganti gula. Rasa manis xylitol tidak akan membuat gigi rusak. Secara Alami, xylitol banyak terkandung dalam berbagai macam buah berry. Gantikan gula dalam resep cheesecake Anda dengan xylitol. Takarannya adalah gunakan 2 sendok makan xylitol untuk setiap satu cangkir tepung, atau tambahkan 1 cangkir xylitol untuk setiap 8 ons krim cheese yang digunakan.

Stevia
Stevia adalah pemanis alami yang berasal dari ekstrak daun stevia. Stevia sama sekali tidak mengandung kalori ataupun karbohidrat, namun stevia memiliki rasa yang lebih manis daripada gula. Uniknya, stevia yang digunakan sebagai pengganti gula ini tidak akan membuat gigi Anda mengalami masalah. Gantikan gula dalam resep cheesecake dengan stevia. Gunakan ½ cangkir stevia untuk setiap 8 ons krim cheese yang ditambahkan. Stevia akan memberikan rasa manis seperti gula.

Tenang saja, rasa cheesecake buatan Anda tidak akan berubah. Sebaliknya, cheesecake yang Anda buat akan lebih sehat dan menjauhkan tubuh dari risiko bahaya gula. Selamat mencoba.

Share artikel ini:

Artikel Terkait