Tips Memasak Santan

Tips Memasak Santan agar Tidak Pecah

Lidah Indonesia sudah sangat familiar dengan bahan masakan yang satu ini. Santan memang sering digunakan untuk berbagai macam olahan makanan mulai dari puding, roti, cookie, sayur, hingga rendang. Hasil olahan kelapa ini memang terkenal bagus untuk meningkatkan cita rasa masakan sehingga terasa lebih gurih dan nendang. Namun masih banyak lho yang belum tahu cara masaknya dengan benar. Santan yang salah pengolahannya bisa pecah dan rasanya juga ikut rusak. Wah, bagaimana nih solusinya?

Pakai Api Kecil

Ketika merebus santan, gunakan api kecil. Suhu api yang terlalu tinggi bisa membuat santan pecah dan tidak bisa tercampur dengan bahan lainnya. Lagi pula kualitas santan yang buruk bisa mempengaruhi rasa masakan dan baunya jadi tidak sedap lagi.

Terus Diaduk

Jangan pernah meninggalkan santan saat merebusnya. Harus terus diaduk supaya tetap solid dan rasanya makin lezat. Selama proses memasak aduk-aduklah menggunakan spatula untuk mencegahnya pecah.

Masukkan di Akhir Proses

Saat memasak, rebus santan dalam wadah terpisah. Dinginkan dan setelah itu tuangkan di akhir sesi memasak supaya rasanya tambah enak. Cara ini juga berguna untuk menjaga aromanya supaya tetap wangi dan membuat teksturnya solid. Aduk-aduk perlahan menggunakan api kecil hingga tercampur dengan bumbu lainnya.

Tepung Maizena

Kalau Anda menggunakan santan dalam bentuk pasta atau vla, campurkan dulu dengan air dan sedikit tepung maizena. Aduk-aduk baru tuangkan ke dalam masakan. Jika ingin merebusnya Anda bisa mengikuti tiga tips tadi. Pakai api kecil dan terus diaduk agar tidak pecah dan aromanya makin harum. Cita rasanya juga terjaga sehingga masakan Anda jadi tambah nikmat.

Di barat, santan bisanya dimasak menjadi kue-kue kering yang gurih dan creamy. Kadang ditambahkan susu dan keju agar rasanya lebih manis. Jika Anda ingin membuat santan sendiri, cukup parut daging kelapa tua lalu tambahkan sedikit air. Peras hingga keluar sarinya dan buang ampasnya. Mudah bukan? Selamat mencoba ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait