Tips Menggunakan Pisau Dapur Sesuai Fungsinya

1c393c26aefc590795240b723416297f852ee085.jpeg

Pisau menjadi perlengkapan dapur yang tidak bisa lepas perannya dari kegiatan masak-memasak. Setiap hari benda tajam yang terbuat dari baja ini berguna untuk mengiris dan memotong beragam bahan makanan. Bila diamati setiap pisau yang ada di dapur ternyata memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. Perbedaan tersebut bukan sebatas kebetulan lho, melainkan ada kegunaannya masing-masing.

Paring Knife

Diurutan pertama ada pisau dapur yang memiliki panjang antara 6-10 cm yang dinamakan paring knife. Bentuknya kecil dengan bagian tepi polos atau tidak bergerigi. Pisau ini ideal untuk mengupas kulit yang tipis, seperti bawang dan memotong bahan makanan berukuran kecil.

Bread knife

Seperti namanya pisau ini dibuat khusus untuk memotong maupun mengiris roti. Pisau roti memiliki ukuran yang lebih panjang, yaitu sekitar 15-25 cm. Bagian permukaannya dibuat bergerigi untuk memudahkan pengirisan kue secara merata tanpa merusak teksturnya.

Chef’s knife

Dinamakan demikian karena pisau ini banyak digunakan oleh para koki atau juru masak. Pisau koki memiliki permukaan yang luas dan lebih berat dari pisau lainnya. Hal ini tidak terlepas dari fungsinya untuk mencacah tulang, daging, ikan dan beragam bahan-bahan makanan yang begitu lihai digunakan oleh para Chef. Pisau ini memiliki ukuran 15-30 cm.

Carving knife

Selain chef’s knife, carving knife merupakan jenis pisau besar lain yang cocok digunakan untuk memotong daging mentah, daging unggas dan daging panggang yang dimasak besar. Sedikit bergerigi, pisau yang memiliki ukuran 20 cm ini banyak dimanfaatkan untuk membuat irisan yang tipis.

Butter knife

Terakhir ada pisau yang memang dibuat khusus untuk memotong keju maupun mengoleskan mentega pada permukaan makanan. Butter knife lazim ditemui di meja makan, dengan tepian sedikit bergerigi yang juga cocok untuk mengiris steak pendamping garpu. Pisau ini juga banyak dimanfaatkan oleh para baker untuk menghias kue.

Itu dia beberapa jenis pisau dan kegunaannya, semoga semakin meningkatkan kreativitas Anda di dapur ya, Bu.