Tips Pahami Label Nutrisi Untuk Orang Tua

Sudah menjadi kewajiban orang tua untuk memberikan edukasi kepada anak-anaknya. Salah satu yang tak boleh ketinggalan adalah mengajarkan anak tentang cara membaca label nutrisi. Hal ini begitu penting, karena dapat membantu anak mengenalkan tentang kandungan nutrisi pada masing-masing makanan atau minuman kemasan. Namun begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua, khususnya membaca label nutrisi yang benar sebelum benar-benar mengajarkannya pada si kecil.

Urutan label

Meski tak ada aturan baku tentang membaca label nutrisi yang benar, tetapi akan lebih baik manakala Anda membacanya secara runtut. Mulai dari urutan yang paling atas adalah saran penyajian, diteruskan dengan membaca jumlah kalori secara cermat pada label nutrisi. Selanjutnya, Anda juga perlu rincian label nutrisi yang terpampang dengan seksama.

Mulai dari lemak total, kolesterol, sodium, karbohidrat total dan vitamin. Di bawah garis hitam akan selalu ada empat sumber nutrisi yang selalu terpampang, yaitu vitamin A, vitamin C, Kalsium dan juga zat besi. Masing-masing label ini selalu tertulis sama dan menjadi acuan hampir keseluruhan label nutrisi yang ada di dunia. Yang membedakannya adalah persentase nutrisi pada setiap makanan juga minuman yang ada. Demikian menurut Food and Drug Administration, Amerika Serikat.

Teknik membaca

Karena berbentuk sebuah tabel, maka cara membacanya dengan menggunakan teknik membaca vertikal atau dari atas ke bawah. Di samping itu, membaca secara detil dan teliti juga sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan, membaca label perlu menggunakan pemahaman ekstra. Sedangkan masing-masing orang memiliki pemahaman yang berbeda.

Posisi label nutrisi

Umumnya, label nutrisi selalu berada pada bagian belakang dari kemasan suatu produk. Ada yang ditulis dalam ukuran yang besar, ada juga yang hanya tertulis dalam ukuran yang kecil. Biasanya menyesuaikan besar kecilnya ukuran dari produk itu sendiri. Hanya saja, hal ini jangan dijadikan patokan. Anda hanya perlu melihat tulisan 'label nutrisi' di manapun itu posisinya.

Sekarang Anda sudah paham  kan tentang  cara membaca label nutrisi yang benar? Berikutnya ajarkan langsung ke si kecil ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait