vote

Tips Perawatan Wajah untuk Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini bisa dicegah dan dirawat dengan perawatan wajah yang tepat. Bisa juga dilakukan sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana yang tersedia di dapur.

  • Rate Artikel ini

Penuaan dini bisa dicegah dan dirawat dengan perawatan wajah yang tepat. Perawatan wajah yang diberikan dokter kulit atau dermatologis seringkali menggunakan bahan-bahan kimia dan harganya pun mahal. Padahal, perawatan wajah untuk mencegah penuaan dini bisa dilakukan dengan bahan-bahan sederhana, seperti:

Madu dan Susu

Membersihkan wajah dengan campuran madu dan susu dua kali sehari bisa jadi salah satu langkah perawatan wajah mencegah penuaan dini. Caranya, campur 1/4 cangkir susu dengan 1 1/2 sendok teh madu murni. Aduk dan simpan di kulkas setelah digunakan. Madu dan susu bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan mencegah kerutan di wajah serta melembabkannya.

Scrub dengan gula

Penuaan dini juga disebabkan oleh sel kulit mati yang luput dibersihkan saat mencuci muka. Bersihkan sel kulit mati di wajah dengan menggunakan scrub gula. Gula pasir mengandung asam glycolic untuk memperbaiki wajah yang penuh kerutan dan sel kulit mati. Scrub gula pasir akan membuat kulit lebih lembut serta terlihat lebih muda. Lakukan sehari sekali untuk hasil yang maksimal.

Masker Lemon & Lidah Buaya

Salah satu tanda penuaan dini adalah adanya bintik-bintik hitam di wajah. Untuk mengatasi hal ini, bisa dengan melakukan perawatan wajah menggunakan masker jus lemon dan ludah buaya. Lemon mengandung asam sitrat untuk menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah, sementara lidah buaya menyejukkan kulit wajah dan menghaluskannya. Campur jus lemon dengan cairan lidah buaya, dan gunakan masker ini seminggu sekali untuk hasil yang lebih baik.

Masker Putih Telur

Putih telur ternyata bermanfaat untuk mencerahkan wajah kusam serta mengembalikan elastisitas kulit. Balurkan putih telur di wajah, dan biarkan hingga mengering (kurang lebih 25 menit) lalu bersihkan dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan seminggu sekali.

Vitamin E & Minyak Zaitun

Perawatan wajah juga perlu dilakukan setiap malam sebelum tidur, agar wajah sellau terjaga kelembutannya dan terhindar dari kerutan. Sebelum tidur, campurkan minyak yang mengandung vitamin E dengan minyak zaitun dan gunakan sebagai pelembab wajah. Vitamin E memperbaiki kerutan kulit wajah sementara minyak zaitun bisa membuat kulit lebih kenyal dan lembut.

Artikel Terkait

Terbaru