Tips Sehat Mengolah Sayuran

Sayuran apa saja yang sudah pernah Anda masak? Wortel, brokoli, buncis, asparagus atau mungkin lebih banyak lagi ragam sayuran yang pernah anda olah untuk membuat masakan bagi keluarga tercinta. Sebagai sumber gizi yang lengkap, konsumsi sayuran memang tak boleh ditinggalkan. Makanan ini banyak mengandung serat yang sangat penting untuk melancarkan proses pencernaan. Di samping itu, sayuran juga menjadi sumber vitamin dan mineral yang begitu penting untuk menunjang kesehatan, sehingga amat disayangkan jika sampai tidak dimakan.

Maka dari itu, supaya sayuran yang akan Anda makan dapat menyumbang manfaat kesehatan secara optimal, perhatikan cara mengolahnya berikut ini.

Perlakuan khusus

Untuk sayuran yang berasal dari umbi-umbian, seperti kentang sebaiknya dikupas terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Hal ini untuk menjauhkan Anda dari bahaya racun yang banyak terkandung dalam kulit kentang. Cucilah sampai bersih agar kotoran dan sisa tanah bisa dihilangkan sebelum Anda memasaknya. Beda lagi dengan wortel, kupas tipis-tipis kulitnya. Jangan mengupasnya terlalu tebal, agar kandungan gizinya tidak sampai hilang.

Memotong sayuran

Jika Anda sering memotong sayuran terlebih dahulu sebelum dimasak, maka sebaiknya dihindari. Cara seperti ini bisa membuat zat gizi yang ada dalam sayuran lebih mudah hilang. Cara yang benar, cucilah sayuran yang akan Anda masak, kemudian rebus. Usai matang, baru diiris tipis-tipis. Langkah ini akan membuat zat gizi pada sayuran tak banyak yang hilang.

Penggunaan air

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan lagi adalah cara merebus sayuran. Gunakan air secukupnya saja atau minimal sampai membuat sayuran terendam. Jangan menambahkan air yang terlalu banyak agar vitamin dan zat gizi lain yang ada di dalamnya tak larut dalam air.

Teknik merebus

Supaya sayuran yang Anda masak tidak matang berlebihan dan kandungan gizinya berkurang, maka rebuslah saat air sudah mendidih. Cara ini akan membuat sayuran yang Anda masak lebih cepat untuk matang dan tak sampai menghilangkan kandungan gizinya. Setelah matang siram dengan air dingin, tujuannya agar warna sayuran tampak segar.

Teknik menumis

Gunakan sedikit minyak saat menumis sayuran. Cara ini akan membantu vitamin A, D, E dan K lebih mudah untuk larut. Pilihlah lemak nabati untuk menumis, seperti minyak sayur dan olive oil agar proses pelarutan vitamin menjadi lebih maksimal.

Demikian teknik mengolah sayuran yang tepat, biar lebih optimal langsung diterapkan ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait