@shutterstock

Tomat Juga Kaya Gula Lho

Tomat sangat populer dalam setiap olahan kuliner, mulai dari pizza, spagheti, sandwich, hingga jus tomat yang menyegarkan. Sama seperti buah lainnya, tomat juga mengandung gula alami dan memiliki kandungan yang tinggi akan beberapa jenis vitamin, mineral, dan serat.

Tomat besar dengan berat sekitar 6,5 ons berisi sekitar 4,75 gram gula. Tomat ukuran sedang dengan berat 4,25 ons memiliki 3,25 gram gula, sedangkan 2 ons plum tomat hanya memiliki 1,6 gram gula. Jika Anda lebih menyukai tomat daripada cerry, Anda akan mendapatkan 4 gram gula dari sebuah tomat dengan berat 5,25 ons.

Tomat memilki dua jenis gula yaitu glukosa dan fruktosa. Gula adalah karbohidrat sederhana yang bisa dicerna dengan cepat oleh tubuh. Fruktosa dan glukosa, akan memasuki aliran darah dengan cepat, sehingga tubuh akan menerima energi ketika kadar gula darah mengalami penurunan.

Gula memilki 45-65 persen tempat dalam karbohidrat. Jika Anda mengonsumsi 2000 kalori setiap harinya, maka 900 kalori yang Anda peroleh akan berasal dari karbohidrat. Karbohidrat akan memberikan tubuh Anda kalori sebanyak 4 gram untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Sebagai contoh, jika Anda memakan sebuah tomat besar, maka Anda akan mendapatkan asupan gula sebanyak 4,75 gram atau 2 persen dari karbohidrat yang dibutuhkan.

Tomat adalah buah yang kaya akan serat. Serat dalam tomat akan menghambat penyerapan gula pada aliran darah sehingga kadar gula darah dalam tubuh tidak akan mengalami peningkatan yang terlalu tinggi. Serat dalam tomat akan membantu makanan bergerak dalam usus. Setidaknya diperlukan 14 gram serat untuk 1000 kalori yang dikonsumsi. Dietary Guidelines for America menerangkan, jika tubuh membutuhkan 2000 kalori per harinya, maka Anda harus mendapatkan asupan serat sekitar 28 gram. Tomat besar menawarkan 2,2 gram serat, tomat ukuran sedang menawarkan 1,5 gram serat, dan tomat plum menyediakan 0,7 gram serat.

Buah merah satu ini ternyata memilki kandungan nutrisi yang banyak. Bukan hanya menawarkan rasa manis, buah yang sering dianggap sayuran ini juga memberikan rasa yang khas ketika dicampurkan ke dalam olahan masakan favorit Anda

Share artikel ini:

Artikel Terkait