Tren Senam Dunia Untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi Ibu yang aktif dan suka berolahraga, pastinya selalu mengikuti tren senam terkini untuk menjadi penyemangat agar terus datang ke studio senam. Mengapa senam? Olahraga yang satu ini sangat menyenangkan, karena dilakukan bersama-sama dengan instruktur terlatih dan juga para peserta lainnya dan selalu saja ada gerakan yang baru, sehingga tidak akan terasa membosankan. Selain seru dan menyenangkan, senam juga memiliki manfaat untuk menjaga sistem metabolisme tetap aktif dan juga membakar lemak.

Di tahun-tahun sebelumnya, pasti Ibu sudah familiar dengan senam zumba, hingga yang lebih aktif seperti body combat. Tren olahraga lain di luar senam yang juga tren seperti acroyoga atau aerial yoga (yoga melayang di udara) pun masih dilakukan sebagai pilihan menjalani gaya hidup sehat. Di tahun 2016 ini, sudah mulai diperkenalkan beberapa gaya senam terbaru. Meskipun banyak yang belum masuk ke Indonesia, tapi tak ada salahnya jika Ibu kenali lebih dahulu gaya senam terbaru tersebut.

 

1. Pound

Gerakan senam ini diciptakan oleh mantan penabuh drum, Cristina Peerenboom dan Kirsten Potenza. Gerakan senamnya terfokus pada latihan kardio yang menyerupai gerakan menabuh drum yang dikombinasikan dengan sedikit gerakan pilates, isometrik dan plyometrik. Diklaim gerakan ini akan mengencangkan lengan ibu yang menggelambir sekaligus membakar 900 kalori dalam 45 menit.

 

2. Groove

Apakah Ibu suka menari? Tentu hal tersebut sudah jarang dilakukan mengingat kesibukan sehari-hari yang menyita waktu. Senam Groove ini bisa menjadi solusi yang tepat, karena memadukan gerakan menari yang tidak rumit dengan senam yang berbasis aktivitas kardiovaskular yang memacu kerja jantung.

Diciptakan oleh Misty Tripoli, gerakan senam ini memiliki gerakan yang bisa ditiru para peserta tanpa harus kerepotan menghafal gerakan dan boleh menggerakkan tubuh sesuka hati. Kelebihan senam ini juga lebih fleksibel untuk semua bentuk tubuh, mulai dari yang obesitas maupun kurus.

 

3. Core Fusion

Mendengar kata fusion, seakan mengingatkan kita akan jenis makanan fusion yang ditata cantik. Sama halnya dengan gerakan senam ini, ternyata memang memiliki gerakan cantik yang terinspirasi dari tari ballet. Gerakan tersebut kemudian dikombinasikan dengan latihan core atau perut inti. Senam ini terlihat seperti yoga jika dilakukan dengan gerakan yang indah, namun ternyata mendorong metabolisme tubuh karena banyak menggunakan gerakan menahan otot.

 

4. Bokwa

Senam yang satu ini terbilang unik karena pesertanya harus mengetahui alfabet dari A-Z. Mengapa? karena seluruh gerakannya seperti menulis alfabet dan angka dengan kaki, tangan, dan anggota tubuh lainnya. Gerakan ini ternyata sangat baik untuk melatih organ kardiovaskular dan peserta pun bebas menggerakkan tubuhnya sesuai ritme musik.

 

5. Zumba Step

Alberto Perlman, CEO dari Zumba Fitness membuat terobosan baru dengan memberikan sentuhan baru dari zumba yang telah diciptakannya, yakni dengan mengkombinasikan gerakan dari senam body step dan musik latin yang dinamis. Senam ini tak hanya membakar lemak dan membuat lekuk tubuh Ibu kembali terlihat, namun juga mengecilkan paha yang besar dan bisa membuat suasana hati menjadi senang dengan irama musik yang optimis.

Share artikel ini:

Artikel Terkait