Trik Memenuhi Kebutuhan Air Putih Selama Berpuasa

Tubuh kita membutuhkan asupan air yang cukup untuk membantu metabolisme dan kerja organ tubuh sehingga kita tetap sehat dan dapat beraktivitas dengan baik. Kebutuhan air tiap orang memang bisa berbeda, salah satunya adalah karena tingkat aktivitas orang juga berbeda-beda. Orang yang banyak melakukan gerak fisik tentu membutuhkan air yang lebih banyak, misalnya. Tetapi, pada umumnya orang dewas membutuhkan 8-10 gelas air putih setiap harinya.

 

Nah, memasuki bulan puasa, kita kerap kemudian menjadi lalai soal asupan air putih. Pasalnya, waktu makan dan minum di siang hari sudah pasti terbatas atau setelah berbuka kegiatan fisik tak sebanyak biasanya sehingga setelah 1 gelas minuman saat berbuka, kita tak lagi merasa haus. Padahal, saat kita puasa kita tetap perlu mengonsumsi air sebanyak biasanya agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Ibu dan keluarga menjaga tubuh terhidrasi dengan konsumsi air putih selama berpuasa.

 

  1. Kebutuhan air putih tetap sama seperti saat tak berpuasa

Selama berpuasa, walaupun aktivitas berkurang dan Ibu hanya bisa makan dan minum di malam hari, tetapi Ibu tetap butuh minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya untuk menjaga keseimbangan metabolisme dan suhu tubuh.

 

  1. Menyicil minum air putih

Cara paling ideal untuk mengonsumsi 8 gelas air putih adalah dengan menyicilnya. Jika saat tidak berpuasa Ibu dapat menyicilnya sepanjang hari, maka saat berpuasa Ibu perlu mengatur strategi untuk minum air putih mulai sejak berbuka sampai nanti saatnya sahur.

 

  1. Minum air putih dengan hitungan 2-4-2

Hitungan 2-4-2 ini artinya Ibu dapat minum 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 4 gelas di antara waktu sholat tarawih, makan malam, sampai malam hari sebelum tidur dan kemudian 2 gelas saat santap sahur.

 

  1. Minum 1 gelas air di antara setiap aktivitas setelah berbuka

Cara lain yang juga dapat memudahkan Ibu untuk ingat dan minum 8 gelas air adalah dengan minum 1 gelas air di setiap aktivitas saat puasa tidak berlangsung.

  • 1 gelas saat baru bangun untuk sahur
  • 1 gelas saat makan sahur
  • 1 gelas saat adzan
  • 1 gelas setelah sholat Maghrib
  • 1 gelas saat berbuka puasa atau makan malam
  • 1 gelas sebelum sholat Isya
  • 1 gelas setelah sholat tarawih
  • 1 gelas sebelum tidur

 

  1. Hindari minum air putih dalam jumlah banyak sekaligus

Jangan minum sekaligus lebih dari 1 gelas air saat adzan maghrib karena akan membuat kita merasa kembung. Jika perut kembung, Ibu jadi tidak bisa makan dengan baik sehingga berisiko tubuh tidak mendapat asupan gizi yang cukup. Karenanya dianjurkan untuk dicicil seperti yang dijabarkan di atas.

Satu hal lagi, Ibu juga perlu mengenal tanda-tanda yang ditunjukkan oleh tubuh saat mengalami dehidrasi sehingga bisa diatasi dengan cepat dan tepat. Diantaranya adalah antara lain sakit kepala, lemas dan merasa kurang berenergi, bibir kering berlebihan dan warna urin yang gelap atau tidak sebanyak biasanya. Yuk, pastikan tubuh selalu sehat dan terhidrasi dengan baik agar ibadah puasa dan Ibu berjalan lancar.

Share artikel ini:

Artikel Terkait