@shutterstock

Ups, Ada Banyak Gula Pada Pizza

Pizza, siapa tidak kenal kuliner satu ini. Roti pipih dengan taburan berbagai macam toping ini merupakan makanan favorit banyak orang di dunia. Tapi, tahukah Anda kalau ternyata pizza memilki banyak sekali kandungan gula? Yuk cari tahu!

Gula Dalam Pizza
Sepotong pizza keju rata-rata mengandung sekitar 5 gram gula, pizza dengan toping daging seperti pepperoni atau sosis mengandung sekitar 6 gram gula. Apa sih yang membuat pizza ini mengandung banyak gula? Jawabannya adalah saus pizza. Saus pizza memilki hingga 1,1 gram gula tambahan setiap ¼ cangkir.

Fungsi Gula dan Bahayanya
Gula berfungsi sebagai bahan bakar dalam tubuh. Tetapi, gula yang dibutuhkan adalah gula dalam jumlah kecil. Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan tubuh mengalami gangguan kesehatan, peningkatan berat badan, dan meningkatkan resiko naiknya tekanan gula darah. Selain itu, konsumsi banyak gula akan membuat trigliserida dalam tubuh Anda meningkat. Trigliserida yang meningkat akan membuat tubuh kesulitan untuk menyingkirkan lemak yang berlebih pada pembuluh darah.

Gula juga bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Seperti yang dikutip dari MayoClinic.com, wanita hanya diperbolehkan mengonsumsi 6 sendok teh gula atau setara dengan 24 gram gula setiap harinya. Sedangkan untuk laki-laki hanya boleh mengonsumsi 9 sendok teh gula atau setara dengan 36 gram gula setiap harinya.

Sumber Gula Tambahan
Nanas dan ham yang ditaburkan diatas sepotong pizza akan membuat pizza tersebut memiliki kandungan gula antara 7 sampai 7,5 gram gula tambahan. Satu ons bacon Kanada akan menambah 1 gram gula pada potongan pizza Anda. Sedangkan, saus yang dioleskan di atas pizza akan menambah sekitar 5,5 gram gula tambahan per sendok makan. Sediakan juga ¼ cangkir jalapenos akan membuat pizza Anda mendapatkan tambahan gula sekitar 0.75 gram gula tambahan.

Sebagai tips untuk menjaga asupan gula Anda, pesanlah pizza dengan lapisan kulit yang tipis. Pizza dengan ukuran yang lebih tipis akan membuat Anda menerima gula tambahan lebih sedikit daripada pizza dengan lapisan kulit yang lebih tebal. Jika masih merasa khawatir akan jumlah gula di pizza, Anda bisa mencoba untuk membuat pizza sendiri. Pilihlah toping dan saus yang tepat agar pizza buatan Anda mengandung lebih sedikit gula dan tentu saja, membuat pizza menjadi lebih sehat.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait