@shutterstock

Waw, Gula Merah Punya Segudang Manfaat

Gula yang satu ini berwarna cokelat dan bentuknya padat. Di Indonesia gula ini sering digunakan sebagai bumbu masakan agar memiliki rasa manis legit yang khas. Yap, inilah gula merah! Ternyata, gula merah punya segudang manfaat yang baik untuk tubuh manusia, lho.

Terbuat dari sari tebu, gula merah terbentuk setelah mengalami proses penguapan. Gula merah biasa terbuat dari nira atau cairan yang dikeluarkan bunga pohon aren yang kemudian dimasak dan dicetak menjadi gula padat. Gula merah sendiri memiliki beberapa varian, antara lain muscavoda dan turbinado.

Dalam gula merah mengandung 96 persen sukrosa dan 4 persen nutrisi lain dari tanaman pembuatnya. Kalori yang terkandung dalam semua jenis gula dalah sama. Cara menghitungnya bisa bervariasi bergantung sendok teh yang Anda gunakan. Sebagai contoh, satu sendok teh gula turbinado dengan berat 4,6 gram, berarti gula tersebut memiliki kalori sebesar 18 kalori. Terkadang tekstur gula merah lebih berat dari pada berat sendok teh yang digunakan.

Banyak manfaat positif yang bisa diperoleh tubuh dengan gula merah ini. Misalnya, gula merah bisa digunakan sebagai tambahan energi ketika melakukan kegiatan pendakian gunung. Ketika mendaki biasanya tubuh terasa lemas tetapi Anda harus tetap berjalan karena belum sampai di tempat mendirikan tenda. Untuk mengatasi ini, makanlah gula merah layaknya makan permen. Gula merah mengandung glukosa yang bisa diubah oleh tubuh sebagai energi tanpa memerlukan waktu yang lama.

Selain itu, gula merah sangat baik untuk mendinginkan perut karena teksturnya yang kasar dan butirannya yang lebih besar. Cocok sekali dicampurkan dengan teh, kopi, atau bahkan air kelapa muda yang diminum ketika hari sedang terik-teriknya.

Rasa manis alami yang menggigit pada gula merah ternyata memiliki khasiat untuk membersihkan darah. Dengan mongonsumsi gula merah, darah akan terlindungi dari racun yang terdapat pada bahan kimia lainnya. Bahkan, dia juga bisa lho membersihkan racun yang ada di darah manusia.

Gula merah memiliki kandungan zat yang bisa mengangkat sel kulit mati pada wajah, yakni dengan membuatnya menjadi masker wajah atau scrub. Gula merah mengandung zat anti bakterial dan asam glycolic yang bisa melembabkan kulit dan melindunginya dari bahaya radiasi.

Share artikel ini:

Artikel Terkait