Yuk Berbenah Rumah Pasca Lebaran !

Lebaran biasanya menjadi momen berkumpul keluarga serta sanak saudara dengan mendatangi rumah saudara. Bisa jadi, justru rumah kita menjadi pusat pertemuan sanak saudara yang mungkin hanya setahun sekali bertemu. Sehingga kita senang menyambut para tamu dengan menyajikan beragam menu spesial dan suasana rumah yang nyaman.

Namun kesenangan itu hanya berlangsung beberapa hari, tatkala sehabis lebaran kita mendapati rumah yang memerlukan pembenahan. Banyak Ibu kerepotan membereskan rumah, ditambah para pembantu yang belum kembali dari pulang mudik. Ibu tidak perlu panik jika mengetahui beberapa trik dalam membereskan rumah, antara lain:

  • Libatkan anggota keluarga lainnya untuk membereskan rumah: suami dan anak. Untuk itu, perlu pengaturan jadwal yang tepat agar semua anggota keluarga terlibat. Selain itu, pastikan pekerjaan berbenah rumah dilakukan saat kondisi tubuh fit.
  • Tulis satu per satu pekerjaan rumah yang ingin dilakukan dan berbagi tugas. Jangan lupa pula memasukkan pekerjaan rumah harian.
  • Sebelum membersihkan rumah, sebaiknya lakukan survei dulu pada setiap ruangan. Analisa area yang paling membutuhkan pembenahan ekstra, bagaimana cara membenahinya, serta peralatan yang dibutuhkan untuk membereskan area tersebut. Lakukan di setiap ruangan di dalam rumah.
  • Saat membersihkan rumah, sebaiknya terfokus pada satu ruangan terlebih dulu lalu dilanjutkan ke ruangan lain. Misalnya membereskan ruang tamu terlebih dulu lalu ke dapur.
  • Hindari membereskan ruangan dengan cara mengumpulkan semua barang yang berserakan di ruangan, masukkan dalam boks. Setelah ruangan disapu dan dipel, barang-barang tadi dikembalikan ke tempatnya semula. Cara yang lebih baik adalah dengan mengatur barang yang berserakan terlebih dulu, kemudian bersihkan dari debu yang menempel.
  • Untuk menghilangkan noda yang membandel pada perabotan, manfaatkan baby oil dengan menteteskannya pada kain lap lalu gosokkan ke noda pada perabotan tersebut. Hasilnya cukup memuaskan.
  • Sebaiknya gabungkan alat pembersih menjadi satu seperti sapu, pel, cairan pembersih lantai, jendela dan lainnya dengan menggunakan kontainer yang memiliki roda. Jadi untuk satu ruangan, Ibu bisa melakukan beberapa pekerjaan rumah dengan waktu yang lebih efektif.
  • Berbenah sambil mendengarkan musik, sehingga membuat seluruh anggota keluarga dapat bekerja dengan perasaan rileks. Tanpa disadari, pekerjaan pun sudah selesai.

Setelah segala kelelahan tersebut, tak adil jika kenyamanan rumah hanya berlangsung dalam hitungan hari. Ibu perlu mengatur rumah agar rumah tetap apik dan siap dikunjungi tamu kembali.

(PT. Nestlé Indonesia bekerja sama dengan Majalah Inspired Kids)

Share artikel ini:

Artikel Terkait