Yuk hidangkan Thai Tea dan Kreasi Teh Lainnya untuk Buka Puasa

Teh adalah minuman yang umum dihidangkan di Indonesia saat berbuka puasa. Umumnya teh dihidangkan dalam keadaan hangat dengan ditambah sedikit gula tergantung selera penikmatnya. Beda negara, beda pula cara penyajian tehnya. Misalnya, thai tea yang biasa disajikan dingin dari Thailand, teh tarik yang umum ditemukan di Malaysia maupun Singapura yang membuatnya seakan-akan ditarik, atau teh hijau dari Jepang yang biasa dikenal dengan sebutan matcha, dan lain sebagainya.

Teh sendiri memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Seperti yang dijelaskan di artikel mengenai khasiat teh ini, teh dapat mengganti cairan tubuh, menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung dan teh hijau dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Mengingat ada banyak jenis minuman berbahan dasar teh di berbagai negara, mengapa Ibu tak mencoba menyajikannya sebagai menu berbuka agar pilihan minuman menjadi bervariasi setiap harinya. Yuk, lihat resep singkat berbagai minuman teh di bawah ini.

  1. Thai Iced Tea

Gambar 1. Thai Tea

Untuk membuat minuman thai tea Ibu akan membutuhkan racikan teh khas Thailand yang kini sudah dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Cara membuatnya pun sangat mudah, yuk simak cara membuat Thai Tea di sini.

 

 

  1. Teh Tarik

Gambar 2. The Tarik

Sebenarnya teh tarik mirip dengan thai tea atau minuman teh susu lain. Hanya saja teh tarik bisa dibuat dari teh biasa yang yang membedakan teh tarik dengan teh susu lainnya adalah metode membuatnya. Cara membuatnya adalah menuangkan campuran teh dan susu dari satu cangkir ke cangkir yang lain dengan jarak agak jauh sehingga seakan-akan Ibu sedang menarik cairan teh. Ibu perlu menuang berulang-ulang sampai muncul buih di permukaan teh. Tea tarik bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin.

 

  1. Chai Tea

Gambar 3. Chai Tea

Lagi-lagi minuman ini mirp cara pembuatannya dengan minuman teh susu lainnya. Tetapi chai tea dibuat dari daun teh chai yang merupakan teh khas India. Teh chai memiliki citarasa yang legit. Jika tak punya teh chai, Ibu dapat menggunakan teh hitam biasa dan menambahkan jahe, kayumanis serta kapulaga. Sajikan dengan campuran susu atau susu kental manis sesuai selera keluarga Ibu.

 

 

 

  1. Bubble Tea

Gambar 4. Bubble Tea

Nah, minuman yang berasal dari Taiwan ini pasti disukai seluruh anggota keluarga. Butiran bubble yang menjadi ciri khasnya bisa Ibu buat sendiri di rumah dari tepung tapioka yang direbus sampai mengental dan kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil. Selanjutnya, Ibu tinggal membuat teh susu dingin dan menambahkan bubble yang sudah dibuat sebelumya tadi ke dalamnya.

 

  1. Green Tea

Gambar 5. Green Tea

Untuk menyajikan teh hijau yang baik ternyata ada metodenya sendiri lho, Bu. Siapkan air panas dengan suhu yang ideal yaitu antara 80°C sampai 85°C. Semakin tinggi kualitas daun tea yang digunakan, semakin rendah suhu yang dibutuhkan untuk menyeduh teh. Kemudian, sebaiknya Ibu menghangatkan terebih dahulu cangkir atau teko yang akan digunakan supaya temperatur teh tidak terlalu cepat turun.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait