Yuk Ketahui Cara Membuat Nasi Goreng yang Sehat!

Siapa yang tidak menyukai Nasi Goreng? Menu yang satu ini tentu digemari oleh banyak orang Indonesia, baik dewasa maupun anak-anak. Nasi goreng bisa disantap untuk sarapan, sebagai makan malam dan juga untuk menu bekal kantor maupun sekolah. Apalagi jika ditambah telur, baru mencium wanginya saja rasanya perut sudah keroncongan.

Apabila ibu sering membeli nasi goreng di luar, terutama di penjual pinggir jalan, ibu patut mengkhawatirkan bahan yang digunakan karena bisa saja minyak yang dipakai terlalu banyak dan kebersihan dari peralatan atau lingkungan sekitar penjual tersebut tidak bersih. Selain itu juga bahan-bahan yang digunakan juga belum tentu sehat dan higienis. Padahal, jika dibuat sendiri di rumah, ada lho cara membuat nasi goreng telur enak yang juga sehat. Mau mencoba membuatnya? Simak tips berikut ini dulu, yuk!

  1. Ganti penggunaan nasi putih

Membuat nasi goreng tak hanya menggunakan nasi putih kok, Bu. Agar hasilnya lebih sehat, cara membuat nasi goreng bisa juga dengan menggunakan beras merah atau beras cokelat, lho. Beras merah yang kandungan seratnya 6 kali lebih tinggi dari beras putih dan kaya akan zat besi serta zinc dapat membantu menjaga berat badan, mengontrol kolesterol dan gula darah sekaligus menjaga kesehatan jantung. Ibu dapat membaca artikel 6 Kehebatan Kandungan Gizi Beras Merah untuk mengetahui manfaat lainnya.

Bahan lainnya yang dapat Ibu coba adalah nasi shirataki yang saat ini sedang tren di masyarakat Indonesia. Bahan yang terbuat dari serat glucomannan ini berasal dari sejenis umbi-umbian (konjac plant). Awalnya, umbi ini diolah menjadi mie di Jepang tetapi kini sudah bisa diolah menjadi semacam nasi yang warnanya seperti transparan. Keunggulannya, nasi shirataki ini rendah karbohidrat dan kalori sehingga dapat menjaga kadar gula darah. Rasanya pun mirip dengan nasi biasa sehingga tak mengubah citarasa nasi goreng yang Ibu buat.

  1. Gunakan jenis minyak yang lebih sehat

Daripada menggunakan minyak yang mengandung lemak jenuh seperti minyak kelapa sawit atau margarin yang dapat meningkatkan kolesterol, Ibu dapat menggunakan minyak yang mengandung lemak tak jenuh ganda seperti minyak biji bunga matahari atau minyak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun karena jenis ini bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung. Ibu juga sebaiknya menggunakan minyak baru, karena minyak yang digunakan berulang mengandung lemak jenuh.

  1. Minimalisir penggunaan minyak

Dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K), Kepala Departemen Medik Ilmu Gizi RSU Cipto Mangunkusumo menyebutkan bahwa kebutuhan lemak perhari hanya sebanyak 5 sdm, karenanya penggunaan minyak saat membuat nasi goreng perlu dibatasi. Menggunakan wajan anti lengket dapat menjadi cara tak perlu banyak menggunakan minyak. Sebagai tambahan, saat memasak menggunakan minyak, Ibu juga perlu memperhatikan tingkat pemanasan minyak. Memanaskan minyak hingga berasap dapat membuat masakan jadi hangus dan menghilangkan kandungan nutrisinya.

  1. Pilih bahan tambahan yang sehat

Dalam Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, disebutkan bahwa selain makanan pokok, tubuh

  1. Siasati penggunaan telur

Nah, cara membuat nasi goreng telur enak dan juga sehat tentu perlu memperhatikan penggunaan telur.

Bagaimana bu, cukup mudah dan sederhana bukan cara membuat nasi goreng yang sehat? Yuk segera coba di rumah bu. Share di kolom komentar ya bagaimana hasil ibu mempraktikannya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait